sauskecap.com – Bagi pencinta kuliner tentu sudah tidak asing dengan sajian gudeg khas Jogja. Berkunjung ke Jogja memang kurang lengkap rasanya bila tak mencicipi sajian gudeg dengan bumbu khas. Rasa gudeg yang manis dan gurih membuat hampir semua kalangan maupun usia menyukainya. Tetapi bila anda sudah sering menikmati gudeg Jogja maka tak ada salahnya mencoba makanan khas Jogja lainnya.

Selain dikenal sebagai surga wisata, Jogjajuga merupakan surga wisata kuliner. Sebab berbagai jenis makanan ternyata banyak dijual di hampir seluruh wilayah Jogja. Selain gudeg masih banyak sajian makanan khas Jogja yang mungkin selama ini belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar wilayah Jogja. Untuk itulah jika berkesempatan melakuka perjalanan liburan ke Jogja maka jangan sampai lewatkan mencicipi aneka kuliner selain gudeg tersebut. Penasaran apa saja sajian kuliner yang tak kalah enak dari gudeg? Berikut ulasannya.

Baca juga : Mie Enak dan Unik di Kota Bogor Yang Apik

  1. Mangut Lele Mbah Marto
    Selama ini lele kebanyakan diolah menjadi pecel lele saja. Namun di Jogja terdapat sajian lele yang unik dan pastinya nikmat yaitu mangut lele Mbah Marto. Dimana warung makan ini menyajikan lele yang dimasak dengan cara yang unik. Lele tersebut pertama diasap terlebih dahulu memakai kayu bakar lalu dicampur sanran dan cabai maupun bumbu-bumbu rempah lainnya. Warna masakan yang kemerahan dan citarasanya yang pedas tentu akan sangat menggugah selera. Lokasi Mangut Lele Mbah Marto berada di Jalan Parangtritis Km 6,5 Jogja yang memang cukup tersembunyi namun sudah banyak yang membuktikan kelezatannya.
  2. Oseng Mercon Bu Narti
    Bagi pencinta pedas sepertinya wajib menikmati sajian oseng mercon Bu Narti yang berada di Jalan KH. Ahamd Dahlan, Ngampilan, Jogja. Sajian makanan khas Jogja ini dibuat dari kulit, kikil, lemak serta tulang muda. Semua bahan tersebut dimasak dengan bumbu super pedas sehingga menghasilkan citarasa yang sangat pedas. Untuk itulah makanan ini dijuluki dengan nama oseng mercon.
  3. Mie Ayam Tumini
    Meskipun di hampir seluruh wilayah di Indonesia terdapat penjual mie ayam namun mie ayam yang satu ini sangat berbeda. Mie ayam Tumini namanya, merupakan warung mie ayam yang berada di Jalan Imogiri Timur no 187, Jogja. Sajian mie ayam Tumini sudah sangat populer di Jogja karena memang menyajikan mie ayam dengan kuah kental dan pekat yang berbeda dari mie ayam lainnya. Potongan daging ayamnya yang besar dan citarasa manis gurih membuat banyak pencinta kuliner selalu ketagihan menikmati mie ayam khas Jogja yang satu ini.
  4. Tengkleng Gajah Jogja
    Makanan khas Jogja berikutnya yaitu tengkleng gajah yang berlokasi di Jalan Kaliurang Km 9,3, Jogja. Meskipun namanya tengkleng gajah tetapi tengkleng ini dibuat dari daging kambing dengan porsi yang besar sehingga disebut tengkleng gajah. Tengkleng yang disajikan terdiri dari dua jenis yaitu tengkleng goreng dan tengkleng tongseng kuah.

Itulah tadi penjelasan mengenai makanan khas Jogja selain gudeg yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Jogja. Tentunya aneka sajian kuliner tersebut bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengkesplor kuliner Jogja lainnya.