Dikategorikan | Resep, Sayuran

Sayur Lodeh Nangka Muda

Diposting pada 07 Juni 2010 oleh Ariyanti

Nangka muda biasanya diolah menjadi gudeg  dengan rasa yang manis khas Jogja atau sayur nangka dengan rasa pedas khas Padang. Kali ini saya memasak nangka muda menjadi sayur lodeh dengan rasa yang gurih dan segar. Bagi penggemar sayur nangka yang tidak terlalu  suka manis ataupun pedas, sayur lodeh nangka muda bisa menjadi pilihan.

Sayur Lodeh Nangka Muda

Bahan-bahan :

  • 200 gram nangka muda, cacah kasar
  • 100 gram daging sapi, potong dadu
  • 100 gram kacang panjang, potong-potong 2-3cm
  • 50 gram kulit melinjo
  • 800 ml air
  • 2 buah cabe merah, cincang kasar
  • 65 ml santan kental
  • 2 sdm gula jawa
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas
  • garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat :

  • haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan ketumbar
  • rebus air hingga mendidih kemudian masukkan bumbu halus dan daging sapi, masak hingga daging setengah matang
  • masukkan kacang panjang, kulit melinjo, nangka muda, dan cabe merah
  • tambahkan daun salam dan lengkuas, aduk-aduk sebentar
  • masukkan santal kental, aduk-aduk agar santan tidak pecah
  • tambahkan gula jawa, garam dan gula pasir secukupnya
  • masak hingga sayuran matang
  • angkat

Sajikan bersama lauk tempe atau ayam goreng.

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Ariyanti

Ariyanti memiliki hobi membaca, memasak, nonton, dan jalan-jalan. Bercita-cita menjadi istri dan ibu dari suami dan anak-anak yang hebat.

85 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. Rock

    Aku suka sayur lodeh…

    [Balas]

  2. Etc News

    Wahhh… mangtabs nich…

    [Balas]

  3. masndol

    heheh sajian istimewa kebetulan saia lagi seneng masak memasak. btw nagkanya bisa diganti yang lain gak? soalnya susah di tempat saia gak ada nangka muda.

    [Balas]

  4. budies

    kalau di daerah saya/banjar disebut sayur karuh, hmmm tambah lauknya bothok pete ckckckckck clegug

    [Balas]

  5. nakjaDimande

    KD, suami bundo suka banget sama lodeh.. segala macam sayur dibikin lodeh pasti enak. kadang pake daging, seringnya engga :D

    [Balas]

  6. setitikharapan

    Hehehe..saya suka sayur lodeh nangka muda, kalau dikampung disebut Gori.
    Apalagi makannya ditambah sambel… hmmm.. maknyus deh..

    [Balas]

  7. ali

    enak tuh..

    [Balas]

  8. kyaine

    jangan gori ya mbak?
    nasinya hangat plus ikan asin ya nikmat jg loh :D

    [Balas]

  9. marsudiyanto

    Sama dengan GusKAr, saya menyebutnya Jangan Gori, tapi di daerah istri saya disebut Lodeh
    Yang pasti apapun namanya saya suka, secara sejak kecil saya sering ketemu sayur ini. Nggak beli karena punya pohon sendiri
    Ijin nyatet resep yg ini saja.
    Salam Buat Mbak Ar dan Mas Ir

    [Balas]

    triana

    @marsudiyanto,
    Wah.. Pak Mars suka sayur gori juga tho. Besok menu reuninya harus ada sayur gri nih. Salam sayur gori…

    [Balas]

  10. xamoeba

    jadi aper ni mba :D hehehehe

    [Balas]

  11. xvip

    wuihhhhhhhh mantab .. masakan asli indonesia nee. rendang ,pecel, sayor lodeh

    [Balas]

  12. Kakaakin

    Makannya pas siang2, pas perut lagi lapar2nya…
    Hmmm… nikmat bener dah :D

    [Balas]

  13. indra1082

    Jangan lupa pake krupuk, biar tambah mantab.. :)

    [Balas]

  14. Herdoni Wahyono

    Sayur Lodeh Nangka Muda ini termasuk menu favorit kami. Kalau ditambah lauk ikan asin dari Kenjeran atau Sidoarjo dan sambal terasi, wah rasanya nikmat dan lezat sekali. Trims resepnya. Salam sukses.

    [Balas]

  15. marisa

    keknya enak nih… :D
    nyobain resepnya ah…

    [Balas]

  16. Hari Mulya

    untung ada dagingnya…

    [Balas]

  17. Hari Mulya

    soaLnya saya ga gitu suka lodeh…

    [Balas]

  18. Hari Mulya

    mBa Yanti suka kuLit meLinjo ga?
    itu sebenernya kandungannya apa aja sih?
    kok banyak yang bilang kaLau itu ga layak jadi makanan..
    padahaL enak lho…

    [Balas]

  19. Nunu

    Tiap kaii kesini cuma bisa ngiler …., mau praktek di kos gak ada kompor,he ….

    [Balas]

  20. udienroy

    wuuaaah… Jadi pengen nih. Sayangnya diriku belum punya bini hehe nanti aja bu. Kalau diriku dah punya bini biar tak suruh jajal hehe

    [Balas]

  21. gadgetboi

    wah 2 minggu yang lalu ibu saya baru bikin nich :mrgreen: kalau ibu saya ditambahin juga sama petai dan pucuk bunga teratai (kalau enggak salah :lol: ) rasanya jadi maknyoooos. apa lagi di makan sama ikan emas goreng plus sambal :mrgreen:

    [Balas]

  22. gadgetboi

    jujur belom pernah saya seumur-umur makan lodeh pake daging :mrgreen: resep ini patut di trial hehehe

    [Balas]

  23. tukangpoto

    Kalo lauknya pake telor asin atau pindang tongkol wah lebih asik lagi nih…slurps.:D

    [Balas]

  24. sky

    hujan2 dan dingin begini… bagsunya makan sayur macam ini :D

    [Balas]

  25. sky

    oh ya… situs anda sdh sy link di blog sy.. cek sj di blogroll/link rekan blogger… thanks… :D

    [Balas]

  26. TUKANG CoLoNG

    kirain minuman,hehehe

    [Balas]

  27. Troy Eman

    Wow… jadi lapar nih…. :-)

    [Balas]

  28. cah ndueso

    lek mangan pas muleh kerjo awan2 pas luwe,jian mak nyuuuuuuuuuus….

    [Balas]

  29. kitasukawordpress

    ya ampun, liat gambarnya ajah udah bikin aku nelen ludah di pagi ini, aku ngiler ga’ beraturan. :D

    [Balas]

  30. uny

    lodehnya enak nih.. maknyus cleeeep..

    [Balas]

  31. azaxs

    aegar-segar.. enak-enak… beda dengan sayur bening ya mbak?

    [Balas]

  32. fety

    hal yang belum mungkin dipraktekkan di sini, mbak ari:)

    [Balas]

  33. attayaya

    tambahin sedikit udang kering
    maknyuuuuuuus

    [Balas]

  34. anna

    wah..
    melinjonya menggoda banget tuh… yummy

    [Balas]

  35. JhezeR

    Blum pnah icip2 sayur yg ini :(

    [Balas]

  36. Zico Alviandri

    Aku jatuh cinta pada ‘rasa’ pertama dengan sayur lodeh :)

    [Balas]

  37. attayaya

    enak juga dimakan sama lontong ato ketupat
    hmmmmm

    [Balas]

  38. farus

    wah mantap bener kalo ditambah sambal ..uhh mak yosss

    [Balas]

  39. sukasukaku

    sip banget nih resepnya, thank ya mbak sharingnya

    [Balas]

  40. Ruang Hati

    jujur aku lebih suka yang ini dari gudeg

    [Balas]

  41. setyantocahyo

    palagi di kasih tetelan sapi lebih sip kali ya..? hehe..

    salam.

    [Balas]

  42. dobleh yang malang

    wah menarik
    mau dong……ehhehe
    salam hangat dari blue

    [Balas]

  43. M Mursyid PW

    Hwa…! Baru lihat gambarnya dah bikin lidah saya menari.

    [Balas]

  44. Firdaus

    Like This lah pokoknya…..

    [Balas]

  45. tary sonora

    waduh mbak dah lama gak mampir kesini, itu resepnya sama mbak ma ibuku

    [Balas]

  46. Pandu

    Kalau saya suka dengan Sayur Nangka + daun blimbing

    [Balas]

  47. budiarnaya

    Hampir sama dengan mas Pandu, saya suka dengan sayur nangka kalau ada daun belimbingnya, tapi kalau yang model ini boleh dicoba nich…

    [Balas]

  48. riFFrizz

    ini sayur tewel ya ??

    [Balas]

  49. tabut7

    saya suka sayur ini…. wah jadi laper

    salam

    [Balas]

  50. TUKANG CoLoNG

    absenn..:)

    [Balas]

  51. nuances pen dofollow

    Paling aku suka, akan kucoba resep anda!

    [Balas]

  52. Rita Susanti

    Hmm, ini perpaduan antara manis ala Jogja dengan pedas ala masakan Padang yah mba:), dan jadilah rasa gurih yang nikmat dan menggoda selera tentu saja:)…

    [Balas]

  53. kawanlama95

    tetanga belakang rumah namanya Pak lodeh. kebetulan dirumah sendri , tolong dikirim ya. laper neeh.

    [Balas]

    rumah-sehat afiat

    wah mas kawanlama95 belom makan ya. biar nahan lapar untuk sementara . makan sari kurma afiat ajah.dulu

    [Balas]

  54. Alwi

    Sayur lodeh kalau di Jakarta, kalau di kampung saya seperti Guskar dan Pak Mars bilang itu namanya jangan gori uuuueeeenak tenan …..

    [Balas]

    Alwi

    Kalau kematengan dan jadi manis jadinya gudeg heeee …..

    [Balas]

  55. Enutd

    dah bosen euy..menu andalan kluarga

    [Balas]

  56. adib

    wa adikku seneng ni..!!

    [Balas]

  57. iqbal

    wah berbakat jadi koki nih mbak…..

    [Balas]

  58. si Paijah

    saya selalu suka sayur lodeh mbk, bagi ya ^^v

    [Balas]

  59. munir ardi wp

    paling deman ama yang ginian habis mirip kari daging hm nikmatnya

    [Balas]

  60. harto

    saya ga nolak niiih kalo dikirimin…. hmmmm mantaaab, sayur lodeh ini memang kesukaanku. waaah kalo istriku bikin sayur ini makan bisa nambah teruuuss. waaah jadi lapeeer, besok minta dibuatkan sayur lodehnya ah….
    trims yaa atas ilmunya sangat membantu, sukses selalu n tetap semangat

    [Balas]

  61. arif

    wah lodeh campur nangka :D

    [Balas]

  62. widy

    Aku coba resepnya y.., semua orang di rumah banyak yang suka sayur lodeh..

    [Balas]

  63. julie

    dimakan pake lontong pasti sedaaaaaaaaaaap

    [Balas]

  64. Ifan Jayadi

    Kelihatannya enak nih. Tapi kayanya susah juga ya kalau laki2 yang bikin. Pasti ribet. Mending nyuruh orang rumah aja bikin sayur macam gini

    [Balas]

  65. abrus

    Sajian yg mantap … sedaappppp … :P

    [Balas]

  66. aming

    nemu makanan favorit disini….

    suuurruupuuttt….
    hhmm…yumiii

    [Balas]

  67. MattWahyu

    Jalan-jalan malam cari suguhan, maturnuwun :)

    [Balas]

  68. ai

    klo ga suka nangka bisa diganti ama yg laen ga…??? :)

    [Balas]

  69. dobleh yang malang

    hujan begini lauknya sayur lodeg mau bangettttttttttttttttt
    salam hangat dari blue

    [Balas]

  70. PakOsu

    Wah, yummy. Dimakan sama nasi yang masih ngebul di Bandung yang berudara sejuk, makin uuueenak.

    [Balas]

  71. dhila13

    mau dunk mba… hehe. minta dikirimin.
    btw, namanya ariyanti atau irawan sih mab? hehe

    [Balas]

  72. mel

    YUMMY YUMMY MAU MAU MAU

    [Balas]

  73. FA

    BISA JUGA TO DBIKIN GITU????..

    [Balas]

  74. Agus Supriatna

    Lama tak berkunjung resepnya makin oke aja…

    [Balas]

  75. lyna riyanto

    heeemmm jadi ngiler
    sepertinya emang beneran gurih
    tinggal nyari nasi putih aja
    sedddaaappp…

    [Balas]

  76. Andi

    sayur lodeh ditambah sambel… wuihhhhh…..

    [Balas]

  77. alamendah

    Mesi gak persis banget, beberapa kali pernah merasakan

    [Balas]

  78. fabiant actlest

    pak saya jadi pengen pak hehehehehehehehehehehe
    silahkan berkunjung kembali ke blog sederhana saya

    [Balas]

  79. monic

    resepnya Pas…… enak

    [Balas]

  80. Tri Mulya

    mantafff banget…

    [Balas]

  81. Diapers pakai ulang

    besuk masak ahhh…..

    [Balas]

Tinggalkan Komentar

Total Foodball Tempat Asyik Nonton Bola