Dikategorikan | Resep, Sayuran

Sup Jagung Telur

Diposting pada 24 Januari 2010 oleh Ariyanti

Sup jagung dengan telur adalah masakan yang tepat untuk dikonsumsi di musim penghujan. Hawa dingin, basah, dan cuaca yang tidak menentu membuat kita menginginkan makanan yang hangat dan segar. Sup ini tidak terlalu mengenyangkan sehingga cocok dikonsumsi di sore hari atau sekedar untuk menghangatkan diri.

Bahan-bahan :

  • 1 buah jagung, dipipil
  • wortel
  • buncis
  • sosis
  • 200 gram ayam, rebus dalam air mendidih setelah matang potong dadu
  • kaldu rebusan ayam, jika tidak ada kaldu ayam asli bisa menggunakan kaldu blok siap pakai
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • daun bawang
  • garam dan lada secukupnya
  • minyak goreng

Cara membuat :

  • rebus jagung pipilan dalam 200 ml air. diamkan diatas kompor dengan api kecil
  • dalam wajan lain masukkan sedikit minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, tambahkan daun bawang
  • masukkan ayam, wortel, dan buncis dalam tumisan bumbu
  • kemudian masukkan tumisan sayuran ke dalam rebusan jagung
  • tambahkan kaldu ayam, garam dan lada secukupnya
  • masukkan sosis
  • setelah semua sayuran matang masukkan telur kocok dalam sup sambil terus diaduk sehingga telur menghasilkan serat-serat halus
  • angkat dan sajikan selagi hangat

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Ariyanti

Ariyanti memiliki hobi membaca, memasak, nonton, dan jalan-jalan. Bercita-cita menjadi istri dan ibu dari suami dan anak-anak yang hebat.

96 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. bundadontworry

    wah, ini sih sup jagung favorit di rumah, apalagi kalau pas musim hujan seperti sekarang, kalau bikin pasti langsung habis deh.
    salam.

    [Balas]

    sejuta-mp3.com

    sup jagun yang cukup Ok,, ikut sedot bu..
    salam
    http://sejuta-mp3.com

    [Balas]

    Rebekah Sion

    betulll,, kalau uda ada sop jagung,, sayur yg laen lewat

    [Balas]

  2. marsudiyanto

    Selama ini istri saya cuman mengolah jagung jadi bergedel.
    Kapan2 harus nyoba resep ini nich…

    [Balas]

  3. Makna Hidup

    Assalamu’alaikum,
    Semoga kebaikan selalu bersama mbak Yanti sekeluarga.
    Informasi yang menarik mbak Yanti, saya penggemar jagung juga, tapi pengen sekali-kali masak kayak diatas, nanti saya coba kasih referensikan ke istri saya dech…
    Saya paling suka kalau jagung ini dibakar..pake saus dan mentega.
    Salam,

    [Balas]

    Ariyanti

    wah saya jg suka jagung bakar… saya termasuk penggemar berat makanan serba jagung :)

    [Balas]

  4. MasEDI Belajar Ngeblog

    Ini yg dipake jagung2 yg kyk dijual jagung bakar itu kah mbak? :-|

    [Balas]

    Ariyanti

    ya bener bgt, biasa disebut jg jagung manis

    [Balas]

  5. Shin-kun

    Mbak, jagungnya ini pake jagung manis kan?… hmmmmm, yummyyyy…, :D

    [Balas]

    Ariyanti

    iya pake jagung manis… enak lhoh :P

    [Balas]

  6. dasir

    Kelihatannya mudah mbak ya bikin sup ini.
    Salam

    [Balas]

    Ariyanti

    karena saya jg masih belajar jd bikin resepnya jg ya simpel2 aja, hehe salah satunya sup ini

    [Balas]

  7. Uphiet

    Hmm, patut dicoba.
    Sepertinya enak…:)

    [Balas]

  8. Pecinta Kuliner

    Resep yang sederhana dan mudah dipraktekkan, tapi soal rasa PASTI gak Kalah dg sup lainnya..

    Siip banget nih resepnya Teh Ariyanti.. :D

    [Balas]

  9. mc

    kalau jagung, enaknya dibakar aja si menurutku :P
    dipakai perkedel enak,cuma n tergantung sapa yg masak:P

    [Balas]

  10. idana

    waaahhh…ternyata di sini ada banyak resep makanan, asyiikkk :D

    [Balas]

  11. trik tips bisnis online

    wah enak bngt tuh…

    [Balas]

  12. udienroy

    Hmm New! wah berarti kalau mau bikin posting mesti mencoba masak yang aneh2 dulu. dah tu apa hasilnya nah langsung deh di posting hehe

    [Balas]

    Ariyanti

    wah ga aneh2 kok, saya uda sering masak sup ini hehe…

    [Balas]

  13. Triunt

    Bloger banyak yg jago masak yah.

    kalo Triunt mah jago makan :lol:

    [Balas]

  14. Wandi thok

    Pembantuku kayaknya sudah pernah mbuatin kayak gini mbak. Makasih resepnya.

    [Balas]

  15. intan rawit

    wah sepertinya praktis dan mudah,,patut dicoba. makasih ya mb resepnya..
    btw kalo ga pake ayam gppkah?atau akan mengurangi rasa ya?soalnya saya susah dapat daging ayam halal disini.
    Oya salam kenal mbak..

    [Balas]

    Ariyanti

    suka-suka aja kok mau pake ayam ato engga, meskipun ga pake ayam rasanya jg tetep enak :D
    saya jg sering buat sup ini tanpa ayam
    salam kenal jg…

    [Balas]

  16. cobaberbagi

    sup jagung nyummi
    koki ya mbak
    http://cobaberbagi.wordpress.com/2010/01/17/538/

    [Balas]

    Ariyanti

    wah bukan koki kok… cuma suka memasak aja :)

    [Balas]

  17. drummerfan

    bagus banget blognya
    bisa buat belajar masak tar taun depan pas kerja :)

    [Balas]

  18. attayaya

    haaaaa emak sering buat sup jagung

    [Balas]

  19. Alfaro Lamablawa

    kok sederhana sekali yah…
    bagus.
    tapi yah mana bisa saya praktekan hehehehe

    [Balas]

  20. Yessi

    sop jagung…ummm…yummiy… ;)

    [Balas]

  21. yantze

    nampak nikmat,…pantesan irawan nampak subur, tiap hari dimasakin ini toh :P

    [Balas]

    Ariyanti

    wahaaha ga tiap hari jg kali…

    [Balas]

  22. ekasona

    waw, asyik nih… buatkan aku juga donk…!!! hehehehe :D

    [Balas]

  23. Muji

    Ibu saya lebih suka dipepes.

    [Balas]

  24. ducky

    mmm aku sukaa aku sukaaa….
    resepnya tak simpen ye…thanks for sharing!

    [Balas]

    Ariyanti

    terima kasih kembali…
    ayo..ayo dicobain resepnya

    [Balas]

  25. gajah_pesing

    nyam… jadi pengen nyobain

    [Balas]

  26. ducky

    nyatet rumusnya yah.eh resepnya..;)

    [Balas]

  27. ducky

    komenku masup ga sih mba?

    [Balas]

    Irawan

    maaf tadi komentarnya ditangkap akismet…

    [Balas]

  28. didtav

    mbak, mau masakin buat saya gak?

    [Balas]

  29. cantigi

    kalo sy senengnya sup kental mirip isi zupa-zupa itu teh, hmmm.. nyam.. nyammm… :mrgreen:

    [Balas]

    Ariyanti

    cream soup ya? kapan2 saya tulis resepnya deh :D

    [Balas]

  30. hmcahyo

    wwah bikin lapaarrr

    [Balas]

  31. arsumba

    siiip mantab…
    tapi saya lebih suka sama dadar jagungnya mbak… heheheh..

    [Balas]

  32. ofaragilboy

    sop jagung makan di siang hari, mantabbsss…..

    maen ke blog ini jadi ngiler, jadi pengin maemmmmm….
    wkekekk

    salam

    [Balas]

  33. RifkyMedia™

    aduh..lapar :D

    [Balas]

  34. Omiyan

    sayur jagung adalah kesukaan saya mba, rasanya seger kalau pagi sarapannya sayur beginian

    [Balas]

  35. Next-Prev

    Hmmmmm….wuenak wuenakkkk…. :D

    [Balas]

  36. annosmile

    belum pernah nyoba sup jagung..
    kayaknya enak banget
    klo jagung bakar seh sering banget

    [Balas]

    Ariyanti

    cobain deh… enak loh
    jgn jagung bakar mulu dunk… hehehe

    [Balas]

  37. orange float

    boleh juga nih dicoba, itung2 belajar memasak

    [Balas]

  38. Rindu

    karena saya vegetarian, maka saya akan membuat sup ini untuk pengunjung kebun saya … kapan datang lagi ke kebun saya, akan saya buatkan :)

    [Balas]

  39. andrie callista

    saya ngga bisa masak, tap resep ini saya kasih buat mamah… he..

    [Balas]

  40. Meliana Aryuni

    Kecium baunya sampe sini :lol: Percaya ga ? Percaya ga percaya sih hehehe

    [Balas]

  41. kyaine

    klo di hajatan ada sup jagung ini, akan saya serbu duluan :)
    **takut kehabisan sih

    [Balas]

    Ariyanti

    penggemar sup jagung jg ya?
    habis brp porsi pak… hehe :D

    [Balas]

  42. Odie

    mbak, kalo laper boleh singgah kesini ya…hhehehehe…

    [Balas]

  43. Blog Beta

    mau donk sup jagungnya…kirim ke ambon donk…wk..wk…wk

    [Balas]

    Ariyanti

    waduh jauh sekali… hehe kapan2 saya kirim deh

    [Balas]

  44. FeyRie

    hemm…
    enak tuh kayaknya…
    tapi sayang,,, cuma resep.. :'(

    kaLau ada yang udah jadi kirimin aku yach…. :lol:

    [Balas]

  45. cak yit

    wah mantab nih. bisa di buat acara outdoor nih

    [Balas]

    Ariyanti

    suka adain acara outdoor ya?
    hehe cocok bgt nih sup kalo dibikin di gunung gitu… dingin2 makan sup jagung yang hangat

    [Balas]

  46. Mizan

    kebetulan nih ane kaga suka jagung, mungkin yang bisa jd pengecualian… ^^

    [Balas]

  47. nakjaDimande

    favoritnya suamiku :) makasi resep simpel ini ya Ri (bundo memanggilmu Ari bolehkah?)

    [Balas]

    Ariyanti

    boleh banget bundo… panggil Ari aja biar lebih akrab :D

    [Balas]

  48. Desri Susilawani

    eits…disini ada yang jago masak juga…atuh neng, teteh contek ya resepnya…hatur nuhun

    [Balas]

  49. freesmsc

    hmmm saya suka sup telur jagung bisa buatin gak hehe mau dunt..

    link sudah terpasang rapih dit4 q kalau mo ditengok silahkan hehe makasih

    [Balas]

  50. anfita

    hmmm…akhirnya nemu juga nih blog yg cocok buat pemasak pemula sepertiku, hehehe…
    ijin buat nge-link blognya ya…
    and, ditunggu link baliknya.. :)
    makasih…

    [Balas]

    Ariyanti

    sudah saya link ya, ada di snackroll

    [Balas]

  51. arkum

    Ini favoritku, kok baca ini kepingin masak ya…hehehehe

    [Balas]

  52. Pensioner

    Jika ada acara buffet dinner saya serung clingak-clinguk mencari sop jagung sebagai hidangan pembuka lho.
    Kayaknya Ipung harus saya copykan resep ini agar bisa menghidangkan sup yang lezat.
    Maju terus nduk.
    Salam hangat dari Surabaya

    [Balas]

  53. Waroeng Podjok

    Saya pinternya cuma makan doang, jadi resepnya tak kasihkan sama orang rumah untuk dicoba.
    Ntar kalau saya sendiri yang mengerjakan….haaaah….ntar kapan selesainya.

    [Balas]

  54. miawruu

    nyaaaaaaa….. paling suka soal sup2 gini.thanks a lot

    [Balas]

  55. vamps

    yummy…

    [Balas]

  56. Alwi

    Wah cocok banget nich habis ngronda malam2 hawa dingin gini ketemu sajian Sup Jagung Telur … kalau gitu pesen satu posi dech ….

    [Balas]

  57. Ruang Hati

    enak ini, pa lagi kalo di campur dengan daging kepiting , enaq enaq….

    [Balas]

  58. wiwin9

    duh baru aja makan siang tapi pas ngunjungin blog ini trus liat ada sup jagung jadi laper lagi,..aku penggemar sup jagung, jadi makasih resepnya mbak.
    psstt…mohon ijin blognya aku borgol ke blogku,..hehehehehe

    [Balas]

  59. evolvet

    wah, isi nya makanan semua ni blog. Suka suka suka .. :D

    [Balas]

  60. Melani

    Salam kenal mba Ariyanti…
    Seneng deh buka blog mba ada resepnya,cocok bgt bwt ibu2 RT sperti saya.boleh ya saya coba resep2nya mba,mksih jd nambah menu cemilan bwt keluarga tercinta.
    O’ia ditunggu kunjunganya ya mba,he…

    [Balas]

  61. Abu Faris

    Mmm…I do like this soup, very delicious. My wife always make it for me. Yummy…

    [Balas]

  62. Riyanti

    blogwalking….
    jeng klo sayur nya itu kagak dikasih telur gmn ea? apa jadinya baunya g telur semua ntar sayurnya????

    mungkin bs diganti ama yg laen gt jeng? i’m waiting ea, mo coba`in keliatane kok enak xixixixi….
    gud luck sll jeng…

    salam sayank…^^

    [Balas]

    Ariyanti

    @Riyanti, karena proporsi jagungnya lebih banyak, jd bau telurnya tertutupi oleh bau jagungnya… tapi kalo ga suka telur, tanpa telur pun jg enak kok, nanti jd sup bening gitu

    [Balas]

  63. r3tno

    wah ini dia sup kesukaan anak saya, saya juga suka, katanya makan jagung bisa bikin asi makin lancar… thanks resepnya Mba n salam kenal :)

    [Balas]

    Ariyanti

    @r3tno, wah bs bikin asi lancar ya… semoga kalo saya bsk punya baby asinya lancar… salam kenal jg ya :D

    [Balas]

  64. nettypurwanti

    mba izin copas yah…artikelnya menarik loh…salam kenal..boleh dimasukin di snackroll gak mba..blog ku http://nettyandriansyah.blogspot.com
    terima kasih ya…

    [Balas]

  65. fikriya

    mba sup jagungnya oke bgt deh! nambah lagi deh variasi bmenu jagungnya hehe :)
    oh iya puding kopi saus vla-nya juga unik, makasi mba resepnya :)

    [Balas]

  66. budi herprasetyo

    wah sudah ku praktekkan mbak ari,,thks beratt,,kasih satu sendok teh maizena tambah uenakkkk,,,,

    http://tipsbisnisuang.wordpress.com/buku-saya/rahasia-surat-hati/

    [Balas]

  67. Kuliner Fiesta

    Kalo ini sich selain gampanga buatnya tapi kandungan gizinya juga gak kalah bnayak dengan masakan yang lain…Nice gan KAn kita coba praktekkan..

    [Balas]

  68. upil jagung

    mantap…

    [Balas]

  69. rita

    patut di coba, saya juga paling suka kalo dari bahannya jagung…:)

    [Balas]

  70. Cii Munna

    Buat resep lagi donk yang terbuat dari dahan dasar jagung :)

    [Balas]

  71. de' zilla

    ni laginyoba resepnya…udh kubayangkn psti enyak…enyak
    tengyu mba bocoran resepnya ya…

    [Balas]

  72. aan

    saya udah coba kok masih ada bau amisnya telur ya? cara ilangin amisnya gimana mbak?

    [Balas]

    Ariyanti

    Untuk mengurangi rasa amis bisa ditambahkan sedikit jahe geprek pada saat menumis bumbu

    [Balas]

1 Lacak Balik Post Ini.

  1. Mengolah Jagung Menjadi Sup Jagung Telur | jagungrebus.com Berkata:

    […] source […]

Tinggalkan Komentar

Hutan Brokoli, Sayur Setiap Hari Tory… Tory… Tory Cheese Cracker