Dikategorikan | Resep, Roti & Kue

Pizza Aneka Topping

Diposting pada 15 November 2010 oleh Ariyanti

Siapa suka makan pizza? salah duanya adalah  kura-kura ninja dan saya . Sebulan sekali saya pasti merengek pada suami minta makan pizza. Paling sering makan pizza di restoran dengan logo berwarna merah itu, meskipun tidak jarang juga mencoba resotran pizza yang lain. Tapi lama-lama tekor juga menuruti keinginan saya tiap bulan itu. Setelah persenjataan dapur lumayan lengkap akhirnya diniatkan untuk mencoba membuat sendiri. Saya sudah cukup lama mengumpulkan resep-resep pizza dari majalah dan internet, dan tiba saatnya untuk mempraktekkan semua ilmu per-pizza-an yang pernah saya baca.

Adonan Pizza

Meskipun roti dasar pizza siap pakai banyak dijual di supermarket, tapi untuk praktek perdana pembuatan pizza ini rasanya kurang puas jika tidak membuat adonan sendiri. Bahan untuk roti dasar pizza ini adalah tepung terigu protein rendah, ragi, minyak goreng, air es, gula, dan garam. Cukup simpel dan mudah didapatkan. Setelah dicampur semuanya dan didiamkan agar mengembang selama 30 menit, hasilnya jadi seperti gambar diatas.

Saus Pizza

Sambil menunggu adonan dasar pizza mengembang saya menyiapkan saus dan topping pizza. Lagi-lagi dengan alasan biar lebih puas, saya membuat sendiri sausnya dari tomat segar ditambah bumbu-bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, lada, garam, dan yang paling utama adalah oregano. Sebenarnya untuk saus pizza ini bisa menggunakan saus spaghetti bolognese kemasan yang sudah banyak dijual. Karena ceritanya adalah pizza perdana buatan sendiri saya dan suami jadi kalap untuk urusan topping. Semuanya ingin ditambahkan, mulai dari jamur, jagung, sosis, daging sapi, sampai bawang bombay.

Topping Pizza

Langkah selanjutnya, giling adonan roti dasar dan tata dalam loyang. Oleskan saus tomat dan mari ciptakan kreasi topping pizza kesukaan kita! Tabur tabur topping sesuka hati. Terakhir taburkan keju yang banyak. Panggang pizza dalam lahar gunung, ups oven maksudnya, selama 45 menit.

Tabur Topping Pizza

Dibalik suka cita dan kepuasan dalam membuat pizza sendiri ini ada tiga hal yang perlu diketahui; 1. saya tidak menggunakan keju mozarella yang harganya selangit itu, menggunakan keju cepat leleh yang lebih manusiawi harganya juga tidak mengurangi rasa enak pizza, 2. Ketiadaan rolling pin atau alat penggiling adonan roti, memaksa saya menggunakan gelas dalam menggiling adonan dasar sehingga permukaan pizza tidak terlalu rata. 3. saya bingung apakah ini bisa disebut pizza, karena loyang yang saya punya dan saya gunakan berbentuk kotak, sedangkan pizza pada umumnya berbentuk bulat. *Ting ting* tanda pizza  sudah matang. Dan ini dia pizza perdana saya

Pizza Aneka Topping

Bahan:

  • Bahan roti dasar pizza
    • 250 gram tepung terigu protein rendah
    • 5 gram ragi instan
    • 1 sdm gula pasir
    • 250 ml air es
    • 2 sdm minyak goreng
    • 1/2 sdt garam
  • Bahan saus pizza
    • 100 gram bawang bombay, cincang
    • 2 siung bawang puting, cincang
    • 500 gram tomat, seduh air panas, kupas, dan haluskan
    • 1 sdt oregano
    • 1 sdt garam
    • 1 sdt gula
    • 1 sdt merica
  • Topping pizza
    • 100 gram daging sapi, potong dadu, tumis sebentar dalam minyak panas
    • 100 gram jagung manis pipil
    • 100 gram jamur kancing, iris tipis
    • 3 buah sosis, potong-potong
    • 1 buah bawang bombay, iris tipis
    • 200 gram keju cepat leleh (quick melt), parut

Cara Membuat:

  • Aduk tepung terigu, ragi, dan gula pasir, masukkan minyak goreng dan air es sedikit demi sedikit sambil uleni sampai rata, diamkan adonan 30 menit
  • Untuk saus, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harus, masukkan tomat yang telah dihaluskan, tambahkan oregano, garam, gula pasir, dan merica. Masak hingga mengental
  • Kempiskan adonan roti dasar, giling dan ratakan dalam loyang
  • Oleskan saus diatas adonan roti dasar
  • Taburkan topping
  • Masukkan ke dalam oven, panggang dengan suhu 180ºC selama 45 menit

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Ariyanti

Ariyanti memiliki hobi membaca, memasak, nonton, dan jalan-jalan. Bercita-cita menjadi istri dan ibu dari suami dan anak-anak yang hebat.

37 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. Media Online News

    aku juga suka pizza…. :D

    [Balas]

  2. dhila13

    pertamax ga pertamax hihi…
    sy jg suka pizza mba.. hehe.. kirimiiinnnnn dddoooonnngg :D

    [Balas]

  3. Irawan

    Pizzanya habis dalam sekejap….

    [Balas]

  4. slams

    wahh foto di komputerku gak keluar
    kayanya ada masalah sama koneksi nih
    pizza enak tuk kayanya, *kalo gratis*

    [Balas]

  5. badakjawa

    hmmm jadi pengen segera pulang dan buka meja makan
    *semoga ada yg masak hehe*

    [Balas]

  6. nurhayadi

    Sayange ku ga suka pizza, ilat jowo…

    [Balas]

  7. Let's Share Together

    pizzanya kelihatannya enak nih :D

    [Balas]

  8. nonna

    yummy..i love pizza.. :D

    [Balas]

  9. kira

    kagak nahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannn…

    [Balas]

  10. tukangpoto

    Bikinnya lama, habisnya hanya sekejap..hehe maknyus sih
    Waduh udah lama nih saya baru mampir lagi..:)

    [Balas]

  11. bowo hadi Wibowo

    bikin ngiler :(

    [Balas]

  12. setitikharapan

    Mau..mau.
    Mbak nanti kalau buat lagi, kirim ke medan ya :)
    Gak peduli bentuknya mau kotak, bulet, oval, yang penting rasa pizza. hehee

    [Balas]

  13. aciid

    jdi laper :(

    [Balas]

  14. febriosw

    Aduh,,, kacau nih,,, jadi kepengen makan. Huwaaaaaa…… Mauk.

    [Balas]

  15. Kakaakin

    Mantab banget nih percobaan pertamanya :)
    Aku selalu gagal kalo bikin roti untuk pizza :(

    [Balas]

  16. John Murdock

    dari gambarnya sj udh kebayang, suka pizza sih, tp khawatir lemak :(, ada resep pizza sehat ga mbak ?

    [Balas]

  17. choirul

    wah… aku jadipengen makan pizza padahal sebelumnya belum pernah..

    [Balas]

  18. pendarbintang

    Ngiler, ngiler….

    haduuuh, kapan aku bisa ikut ngincipin kalau yang beli kan udah biasa :mrgreen:

    [Balas]

  19. intan rawit

    gpp mbak..biar loyangnya kotak yang penting hasilnya..hehe..keren deh jadinya..jadi bisa ngirit budget yah mba..atau jangan2 beli bahan2nya malah lebih mahal daripada beli pizza jadi..hihi

    [Balas]

  20. rodes

    buka cabang dijogja gak..haha..slam knl ya…

    [Balas]

  21. gadgetboi

    Mbak ariyanti, pizza gak mesti bunder ky di amrik lagi hehe. Di negara asalnya malah ada yg versi gulung kayak martabak. Yang penting rasanya :mrgreen:

    Saya punya penggilingnya (roller) kesini ajah, saya pinjemin, sekalian bikinin saya wekekek. Soalnya ilmu saya mentok sampai bikin roti chapati-nya india. Belom bisa bikin adonan pizza. Plus enggak punya oven, cuman microwave :(

    [Balas]

  22. The Gombal's

    mas/mbak, blogmu kok isine bab nggon panganan kabeh. marai ngeleh lan ngiler ki…

    [Balas]

  23. job

    emm……..yummy……..

    [Balas]

  24. Budi

    hmm..nyam-nyam..kayaknya enak nih

    [Balas]

  25. Toekang Roempi

    Pengen nyobaaaaaaaaaa…saya juga suka masak….salam kenal…

    [Balas]

  26. andinoeg

    hemm, bikin ngiler

    [Balas]

  27. Estiko

    Terima kasih buat resepnya. Bookmar dulu. Sapa tau besok2 praktek…

    [Balas]

  28. sibair

    wuih bikin sendiri nih ? suksa sama themes blognya.. subscribe ahh :D

    [Balas]

  29. trie

    mb,
    apapun bentuknya, yg penting rasanya & yg jelas higenis, sbb buat sendiri dirumah, sambil ditemani suami & anak tercinta

    [Balas]

  30. Bobooo

    Aduh… naik turun nih air liur sayah!

    [Balas]

  31. kang ian dot com

    mancraaap.. wah hebat y kalao suami istri hobinya sama hahaha..
    saluuut :D
    patut dicoba ni pizza kotaknya mbak..

    [Balas]

  32. Lapar

    Waktu Itu Sempet Coba Buat Pizza Sendiri Tapi Roti nya gagal, He he
    Coba Resep yang ini ahh

    [Balas]

  33. duway aja

    salam kenal..saya suka resepnya simpel n kynya mudah hehe..jd lapeeerrrrr abis bacanya ^_^

    [Balas]

  34. syafira

    Ingin cemilan atopun makanan? tapi lagi tdk bersemangat untuk memasak/bikin kue?? jangan khawatir, bisa langsung pesan di http://www.dmarket.co.id, Hot from the Oven..

    [Balas]

2 Lacak Balik Post Ini.

  1. Izzi Pizza, Beef N’ Izzi - sauskecap.com Berkata:

    [...] biasa, sembari menunggu film dimulai kami berburu makanan. Kali ini istri saya, yang notabene penggemar pizza, ingin makan pizza. Sebenarnya ada beberapa tempat yang menyediakan pizza di Citos, pilihan kali [...]

  2. pizza eunak | my HoBBy... :) Berkata:

    [...] ? [...]

Tinggalkan Komentar

Kartun dan Makanan Favorit Tahu Baxo Ibu Pudji