Dikategorikan | Bahan, Dapur

Tag |

Mengenal Bumbu Jepang

Diposting pada 22 Januari 2010 oleh Ariyanti

Beberapa kali makan di restoran jepang kadang saya bingung membaca nama makanan yang ada di menu, dilihat dari gambar nampak sama tapi kok namanya berbeda. Ramen misalnya, sebuah ramen bisa memiliki bumbu dasar yang berbeda. Beberapa diantaranya miso ramen atau shoyu ramen.

Sebenarnya saya tidak terlalu menyukai masakan Jepang. Namun saya memiliki seorang teman yang keranjingan makan ramen gara-gara melihat Naruto yang gemar makan ramen di Ichikaru Ramen (nama warung ramen di anime Naruto).

Sebelum mulai terjun untuk membuat masakan Jepang, tidak ada salahnya kita mengenal bumbu dasar yang sering digunakan. Berikut ini beberapa macam istilah dan sedikit deskripsi tentang bumbu Jepang yang mungkin sudah sering kita dengar namanya.

ShoyuShoyu

Disebut juga soy sauce atau kecap asin. Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, tepung dan garam.

Digunakan : sebagai pelengkap makan sushi atau sashimi, atau dicampur dalam sup atau ramen

MisoMiso

Terbuat dari fermentasi kedelai juga, tapi berbentuk pasta, rasanya asin.

Digunakan : sebagai bumbu sup miso atau ramen, bisa juga sebagai bumbu untuk daging, ayam atau ikan.

NoriNori

Merupakan olahan rumput laut berbentuk lembaran tipis seperti kertas berwarna hijau kehitaman.

Digunakan : sebagai pembungkus sushi atau taburan nasi

WasabiWasabi

Berasal dari sejenis lobak yang dagingnya berwarna hijau, memiliki rasa pedas yang khas. Biasa dijual dalam bentuk pasta atau dalam bentuk segar

Digunakan : pelengkap makan sushi dan sashimi

MirinMirin

Merupakan salah satu minuman beralkolol khas jepang yang terbuat dari beras. Rasanya manis dan biasa digunakan untuk masakan.

Digunakan : sebagai campuran saus teriyaki dan sup

Bonito FlakesBonito Flake (Katsuobushi)

Berasal dari ikan bonito yang dikeringkan kemudian diserut, memiliki rasa asin.

Digunakan : sebagai taburan dalam masakan seperti taburan untuk takoyaki dan agedashi tofu

KonbuKonbu

Sejenis rumput laut, diolah dengan cara direbus, baunya cukup amis dan berlendir

Digunakan : sebagai campuran kaldu dashi

DashiDashi

Merupakan kaldu dengan bahan dasar bonito flake atau konbu. Selain dibuat sendiri, ada juga dalam bentuk kaldu instan.

Digunakan : masakan berkuah seperti sup atau stew

WakameWakame

Sejenis rumput laut, bentuknya seperti daun teh kering. Diolah dengan cara diseduh dengan air panas, atau rebus dalam air mendidih hingga lunak.

Digunakan : sebagai campuran salad atau sup

Sebenarnya masih banyak lagi jenis bumbu jepang. Yang saya sebutkan diatas adalah yang sering saya temui. Jika ada yang tahu lebih detail mengenai bumbu jepang diatas jangan segan untuk berbagi ya.

Referensi: Majalah Kartini

Gambar diambil dari berbagai sumber (maaf, saya lupa mencatat linknya, jika ada yang ingin mengklaim sumber atau berkeberatan dengan gambar ini mohon hubungi saya)

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Ariyanti

Ariyanti memiliki hobi membaca, memasak, nonton, dan jalan-jalan. Bercita-cita menjadi istri dan ibu dari suami dan anak-anak yang hebat.

69 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. arsumba

    selamat pagi mbak…
    hmm.. pagi2 dah disediaian bumbu ala jepang nih.. mantab..
    btw.. bumbunya khas banget ya mbak…
    hehehe..

    [Balas]

    Pecinta Kuliner

    Emang mantap lho Mbak Ariyanti tuh… :D

    [Balas]

  2. kyaine

    saya makan masakan jepang paling cocok ya yang cepat saji itu he..he..
    klo pas ada di resto jepang, biasanya liat temen sebelah dia pesan apa.. dan saya akan ikut2n saja

    [Balas]

    Ariyanti

    haha bener bgt tuh, saya jg sering nyontek pesanan teman
    takut salah pesan…

    [Balas]

    Pecinta Kuliner

    Kalo saya suka liat-liat gambarnya dulu hihihi :D

    [Balas]

  3. achmad sholeh

    Hoka-hoka bento itu masakan jepang atau china ya mbak

    [Balas]

    Ariyanti

    sepertinya masakan jepang pak, tp asli indonesia ya denger2 *cmiiw

    [Balas]

    Pecinta Kuliner

    Iya katanya seh nyang punya nya orang endonesia, cuman menyajikan masakan jepun eh jepang hihih :D

    [Balas]

  4. cinta

    met siang Mbak…..
    info masak emang menarik….jadi pingin belajar memasak

    [Balas]

  5. rojai82

    wah …. perlu diberi tahu nih calon istriku, biar dia bisa belajar masak dari mbak.

    [Balas]

  6. Celetukan Segar

    Mantap, ini blog yang saya cari artikel. Mengulas berbagai hal tentang masakan!

    [Balas]

  7. Celetukan Segar

    Kalo ada waktu mau nyoba memasak masakan Jepang!

    [Balas]

  8. Irawan

    Bonito flakes (katsuobushi) itu bisa gerak-gerak kaya makhluk hidup… kalo ditaruh diatas makanan yang bentuknya bulet-bulet isi cumi, apa yah namanya… lupa…

    [Balas]

    Ariyanti

    itu namanya takoyaki…

    [Balas]

  9. Khery Sudeska

    Saya pernah coba masakan Jepang di sebuah resto. Tapi, saya belum terbiasa. Rasanya masih rada2 asing di lidah saya. Mungkin perlu dibiasain kali ya? :D

    [Balas]

  10. narti

    makasih artikelnya, biar kenal bumbu2 nih…
    lengkap banget berikut manfaatnya.

    [Balas]

  11. batavusqu

    Salam Takzim
    maap mbak, ibu, tante, salam kenal yah dari saya, barangkali bisa tergugah untuk menengok blog saya dengan tetap membawa sauskecap seperti dihalaman sahabat yang lain.
    Terobsesi denganbumbu jepang jadi ingin nyobain nih masakan jepang. hehehe makasih infonya
    Salam Takzim Batavusqu

    [Balas]

  12. anny

    whoaaaa asyik ya bisa nyasar di blog ini, suer deh…..aku suka kuliner, ih artikelnya keren2 :D
    Oh ya bumbu jepang yg namanya washabi itu nyengat banget ya rasanya he..he….

    [Balas]

    Ariyanti

    menurut saya wasabi rasanya ga enak,
    hehe cobain sekali langsung kapok deh ga mau2 lagi

    [Balas]

  13. JhezeR

    Setidaknya saya tau jga ttg bumbu dapur dikit,walaupun gak pndai masak hehe..

    [Balas]

    Ariyanti

    yup menambah pengetahuan tidak pernah ada ruginya :)

    [Balas]

  14. Bantal

    Wah, blog nya kok lezat sekali… :)
    Templatenya juga muanis euy…

    Btw aku juga lumayan suka memasak sih, cuman sering malas kalau yang terlalu rumit bikin kaldu dan bumbu2 nya… ;(

    [Balas]

  15. mc

    wah saya belun pernah makan makanan jepang nih, masakan padang aja baru baru.maklum,kelamaan netap di ostrali, halahhh

    [Balas]

    Ariyanti

    wah emang di ostrali ga ada warung masakan padang ya?
    *ahaaa jd dpt ide buat buka warung masakan padang disana…*

    [Balas]

  16. bintangtimur

    Berkunjung Jepang selalu jadi impian saya, tapi tidak buat makanan Jepang…
    Entah kenapa, saya belum bisa merasakan enaknya aneka sushi atau sashimi. Ramen boleh lah, itu juga hanya nyobain sedikit dari pesanan anak saya ;)
    Eh, kayaknya Ariyanti satu kampus dengan dia deh, karena anak saya jurusan teknik geologi… :)

    [Balas]

    Ariyanti

    saya jg suka ramen…
    wah bs jd satu kampus, tp saya uda jarang bgt ke kampus :D

    [Balas]

  17. we care

    blog kuliner….mantap nih

    [Balas]

  18. attayaya

    kalo nori dan wasabi sering dibicarakan oleh kobo chan

    [Balas]

  19. didtav

    nama nya aneh-aneh ya bumbu nya. salam kenal (_ _)

    [Balas]

  20. budies

    wah jadi ingat waktu di ふじ maen bersama なると

    [Balas]

  21. Irawan

    kalau miyabi bumbu yang mana yah…

    [Balas]

    budies

    miyabi,ooo itu bumbu dapur

    [Balas]

  22. Laksamana Embun

    Ternyata banyak bumbu juga yang di gunakan. tidak kalah sama Indonesia.

    saya cuman tahu masakan jepang itu shusi

    Salam Knal

    [Balas]

  23. D3pd

    semuanya top margotop yah…

    [Balas]

  24. danie

    he..he..
    di daerah saya enggk ada masakan jepang, maklum lah.. bukan kota besar :D

    [Balas]

  25. zee

    Ari, postingan kamu ini pas bener.
    Kemarin2 itu saya lagi cari2 resep online dan bingung dengan istilah bumbu2 jepangnya kekekeke…. Soalnya pas cari di swalayan, peltoknya jg bingung itu bumbu apa hahaha…

    [Balas]

    Ariyanti

    wah senang bs membantu,
    tar klo dah mateng kirim2 kesini ya masakannya

    [Balas]

  26. marsudiyanto

    Makasih kiriman saus kecapnya…
    Ngomong2 soal masakan Jepang saya malah belum pernah makan… :D

    [Balas]

  27. tas sekolah

    wew … mantaps neh sptny klo bs masak masakan jepang :D

    [Balas]

  28. yangputri

    wadoohh mbak… thanks banget inponya…
    tapi terasa aneh banget deh….. heheeheheh

    [Balas]

  29. Kakaakin

    Waduh…waduh… waduh…
    Blog ini gue banget nih…
    Jadi ngiler, laper pengen masak, pengen makan… :)
    Kita temenan ya, Yanti… :)

    [Balas]

  30. Membaca Pikiran

    ada yg namanya Nori , apa Mpok Nori y

    [Balas]

    Lowongan CPNS

    kebanyakan nonton TIPI nih

    [Balas]

    Irawan

    Kemaren diminta tolong nyari gambar nori yang keluar malah mpo nori…

    [Balas]

  31. Erry Andriyati

    Whua!!!
    nyam…nyam…slurp…
    jadi ngiler nih!!!

    [Balas]

  32. kyra.curapix

    setelah baca artikel ini,,,,
    aku jadi laper lagi,,hehe

    [Balas]

  33. doelsoehono

    Salam .

    blog kuliner mantap …..menyapa malam minggu semoga senantiasa dlm anugerahNya

    [Balas]

  34. Sumber Inspirasi

    waduhh…saya nggak ngerti nih soal bumbu-bumbuan…
    tapi liat – liat disini jadi ikutan laper…hehhe…

    ngomong-ngmong lagi nih mba,,untung namanya bukan ariyanti.com (hehehhe)…nanti di kira sepasang suami istri sama saya…wkwkkwkw..becanda nihh…
    kunjungan perdana saya…

    salam kenal, salam hangat…

    [Balas]

  35. Blog Beritaku

    sorry mbak, baru sempet bales kunjungannya.. salam kenal ya blognya asik banget nih….istri saya suruh main2 kesini nih ntar..

    [Balas]

  36. HumorBendol

    Bumbu jepang dah siap, tinggal nunggu bahan ma cara masaknya
    hehe….

    [Balas]

  37. Meliana Aryuni

    Masakan Jepang yang unik….Bumbu-bumbunya juga uniks….Makannya ngerasa unik ga ya ?

    [Balas]

    Ariyanti

    ya banyak yg unik rasanya…
    mgkn karena tidak terbiasa

    [Balas]

  38. julie

    ga terlalu suka makanan jepang kecuali ebi

    [Balas]

  39. nakjaDimande

    di Bukittinggi ga ada yang jual bumbu jepang, dan ga ada restoran jepang. hiks

    [Balas]

  40. bayuputra

    wah apa ada yah di Indonesia bumbu Jepang seperti itu ,, saingan bumbu dapur Jepang, Ketumbar, merica, lenbgkoas, serai, daun salam, dayu manis heee

    [Balas]

  41. MasEDI Belajar Ngeblog

    Haduh haduh…. kyknya disini isinya yg berbau saus kecap, jd bikin :ngiler: nih… huhuhu laperrr >.<

    Ini kunjungan perdana saya ke dapur mbak [eh dapur apa blog eo? :-\ xixixi] Salam kenal mbak, makasih lho dah mampir k blog saya :)

    [Balas]

  42. Nina

    wowww,,jadi pengen makan masakan jepang lagi nih
    ngileeeer :D
    blogwalking disini bikin lapar deh

    salam kenal :)

    [Balas]

  43. pyou@bcozjc

    pernah sech … makan nori ,,, enak ,,, sekarang jadi kpingin ,,,

    [Balas]

  44. annis

    hallo mbak,,, beli bonito flakes dimana ya?? website nya cihuy nihhh informatif.. oke…

    [Balas]

  45. agus

    Reang pengen takon kursus juru masak jepang nang endi,soale reang pengen bisa
    kesuwun….WONG DEWEK

    [Balas]

  46. Dwi

    klo masakan jepang di kota saya paling ada my bento .. dari rasa sih sama dengan hokben tapi harganya pas di dan sesuai.. jadi ga bisa nilai produk yang lain …

    [Balas]

  47. japangono

    untuk semua,
    kaLo mau makanan jepang yang halal bisa di dapatkan di : http://japangono.webs.com atau call ke 02190238033
    supplier saus makanan jepang siap pakai yg insya allah halal, seperti saus teriyaki,yakiniku,cuka sushi, dll
    bisa juga untuk reseller
    question : japangono@yahoo.com

    [Balas]

  48. Tami

    klo yg jual semua bahan n bumbu masakan atau makanan Jepang dmn ya?ky importer/distributor/supplier-nya dmn ya?
    mohon info’y semua…
    thx b4…

    [Balas]

    Irawan

    @Tami, wah kalau suppliernya sendiri saya kurang tahu, tapi pasar hilirnya saya biasa ke PAPAYA

    [Balas]

    ars

    klo saya sih brhubung pnya kekasih jepang, tinggal minta dia kirim barangnya..hahahah..lucky…

    [Balas]

  49. tips beli rumah

    kebetulan aku gak suka…..tapi ada temen aku yang suka bgt makanan jepang …dia pengen coba masak sendiri…thanks infonya….

    [Balas]

  50. Rimba

    mbak, mau tanya di jepang terutama di Tokyo ada jugakah yg jual bumbu2 seperti di indonesia? terutama bawang putih dan bawang merah? gula merah?

    [Balas]

Tinggalkan Komentar

Western Spaghetti, Makanan Favorit Dunia Impian Hutan Brokoli, Sayur Setiap Hari