Dikategorikan | Dapur, Foodpedia

Lotis dan Lotisan

Diposting pada 05 Maret 2011 oleh Irawan

Buah-buahan baik untuk kesehatan tubuh kita. Banyak cara untuk menikmati buah, selain dikonsumsi secara langsung. Beberapa diantaranya adalah jus, rujak, atau tradisi barat dengan dibuat salad. Tetapi tahukah anda dengan istilah lotis? Saya terinspirasi ketika istri ngidam buah-buahan dan membuat lotis beberapa hari yang lalu. Meskipun dengan bahan-bahan seadanya (yang ada di kulkas), acara lotisan tetap lanjut.

Lotis dikenal di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Di daerah lain jenis makanan ini biasanya disebut rujak. Perbedaan lotis dan rujak terletak pada besarnya irisan buah dan cara penyajian. Buah pada lotis dipotong dengan ukuran yang agak besar, sambal disajikan terpisah, dan untuk menikmatinya potongan buah dicocol ke dalam sambal. Sedangkan rujak dipotong tipis (diserut) dan sambal dicampurkan ke dalam buah-buahan.

Lotis

Lotis, buah dipotong besar dan sambal disajikan terpisah. Acara lotisan tetap lanjut meski hanya dengan buah pepaya, melon, dan timun.

Di Yogyakarta, acara menikmati lotis dikenal dengan istilah lotisan. Semakin banyak orang, acaranya makin seru dan rasa lotisnya pun makin nikmat. Biasanya orang yang akan menyelenggarakan lotisan patungan untuk membeli buah-buahan. Kadang ada tetangga yang berbaik hati memberikan buah-buahan dari pohon di halamannya secara cuma-cuma. Semoga tradisi lotisan ini tetap ada dan lestari.

Jadi untuk menikmati jenis makanan seperti ini tidak perlu jauh-jauh ke Singapura kan?

Catatan: Pembaca mungkin menyadari ada perubahan suasana di sauskecap.com, template menjadi lebih berwarna dan logo bernuansa sketsa pastel. Seperti lotis, saya ingin membawa suasana fresh di tahun 2011 ini.

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Irawan

Irawan suka bermain game, oprek komputer, nonton, dan mendengarkan musik. Gemar makan, malas olah raga tetapi memiliki impian berbadan ramping dan seksi.

15 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. masyhury

    Ah lotis sama rujak sama aja tuh..
    Sama-sama enak kalo di santap pas lagi laperrr!! :D

    [Balas]

  2. masyhury

    Wah.. koment aku masuk spam ya???

    [Balas]

    Irawan

    Sudah dikeluarkan dari penjara…

    [Balas]

  3. sky

    di kmakassar ada nggak ya?

    [Balas]

  4. marsudiyanto

    Nggak masakan nggak lalapan nggak minuman…
    Semua yang disajikan di saus kecap kok seger2 semua…
    Semoga Mas Ir dan Mbak Ar juga selalu seger :D
    Salam!

    [Balas]

  5. Merliza

    sebelum membaca, saya pikir ini bukan rujak,,, ternyata eeeh ternyata :p
    sepertinya.. bakalan gerah banget nih siang ini.. :)

    [Balas]

    Irawan

    sebenarnya sama aja kok, cuma penyebutan aja di daerah lain berbeda…

    [Balas]

  6. Denuzz BURUNG HANTU

    Kirain apaan nih Lotis. Di sini mah yang kayak gitu tetep aja dibilang rujak… Hehe…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    [Balas]

  7. TUKANG CoLoNG

    seger dan bikin ngiler

    [Balas]

  8. kang ian dot com

    jadi tradisi juga y :D tentunya kalao lebih gede potongannya lebih mengenyangkan wkwkw

    [Balas]

  9. intan rawit

    hmm makan rujak atau lotis pas lagi hamil enak banget tuh, kecut2 asem2 pedes gimanaa gitu..hihi

    [Balas]

  10. tukangpoto

    Kalo ada yang nyocol buah ke sambal yang ber-ingredient petis, apa ya mas namanya?

    [Balas]

  11. joko kepruk

    wah… lotis (jawa) atau rujak (jakarta), hobi neh..

    (glek…..)

    [Balas]

2 Lacak Balik Post Ini.

  1. SALAM HORMAT, Perp « BayuPutra Berkata:

    [...] Saus Kecap/Irawan [...]

  2. Selamat Berlibur | Vulkanis Blog's Berkata:

    [...] Saus Kecap/Irawan [...]

Tinggalkan Komentar

Cooking Papa Jigoku Ramen, Mie Dari Neraka