Ikan Bakar Cianjur, Cabang Yogyakarta

Diposting pada 01 April 2012 oleh Irawan

Mungkin sebagian pembaca cukup mengenal restoran Ikan Bakar Cianjur alias IBC. Karena restoran ini sudah memiliki banyak cabang, terutama di kota-kota besar dari Jakarta hingga Bali. Sesuai dengan nama restorannya, Ikan Bakar Cianjur berdiri di kota Cianjur, Jawa Barat, pada tahun 1989. Pada tahun 2009 Restoran ini menerima penghargaan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dari Departemen Kelautan dan Perikanan.

Gurame Pesmol

Gurame Pesmol

Saat sedang liburan di Yogyakarta, restoran Ikan Bakar Cianjur ini menjadi pilihan keluarga kami, karena menu ikan disini bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Restoran ini terletak di Jl Palagan 23, tepat di depan hotel Hyatt, Yogyakarta. Tempatnya luas, cukup untuk menampung kami, dan nyaman, menikmati makan malam dan bertukar cerita dengan keluarga pun menjadi lebih berkesan.

Restoran Ikan Bakar Cianjur menawarkan hidangan khas Sunda, seperti ikan gurame atau nila dengan berbagai varian rasa. Semuanya ikan air tawar, tidak ada ikan laut atau seafood disini. Tidak bisa mengkonsumsi ikan? tenang saja disini juga ada ayam goreng atau ayam bakar. Kami memesan gurame bakar, gureme pesmol, gurame asam manis, lengkap dengan tumis kangkung, sayur asem dan pete goreng-nya.

Gurame Bakar

Gurame Bakar

Tekstur gurame bakar di IBC cukup cantik. Jika biasanya gurame bakar memiliki tekstur yang agak basah, disini gurame dibakar hingga kering, tetapi tidak gosong. Jika dilihat sepintas mungkin terlihat seperti gurame goreng. Rasanya gurih, sambal kecap menjadi pelengkap rasanya. Gurame pesmol adalah menu andalan restoran ini, gurame digoreng agak kering, kemudian dimasak dengan bumbu kuning. Rasanya juga gurih dan rasa rempahnya terasa. Tetapi yang menjadi favorit saya adalah gurame asam manis-nya, gurame digoreng hingga kering, kemudian disiram dengan saus asam manis yang kental. Perpaduan antara rasa saus asam manis dan gurihnya gurame yang dimasak kering pas dilidah.

Gurame Asam Manis

Gurame Asam Manis

Harga menu di restoran ini memang tidak bisa dibilang murah, tetapi dibandingkan dengan kenyamanan makan malam yang kami dapatkan, harga ini rasanya layak ditebus.


Peta Lokasi Ikan Bakar Cianjur, Yogyakarta

IKAN BAKAR CIANJUR

Lokasi: Jl. Palagan T.P. 23, Yogyakarta (depan hotel Hyatt)

No Telp: 02744888733

Harga: gurame bakar (Rp 46.000), gurame pesmol (Rp 46.000), gurame asem (Rp 46.000), tumis kangkung (Rp 18.000), sayur asem (Rp 10.000), pete goreng (Rp 10.000), nasi putih (Rp 6.000), teh manis (Rp 5.000), es cianjur (Rp 16.000), es cincao hitam (Rp 10.000), jus strawberry (Rp 16.000), cokelat susu (Rp 12.500), lemon tea (Rp 14.000)

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Irawan

Irawan suka bermain game, oprek komputer, nonton, dan mendengarkan musik. Gemar makan, malas olah raga tetapi memiliki impian berbadan ramping dan seksi.

20 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. marsudiyanto

    Saya sudah pernah nyoba yang di Semarang, cabang yang ada di atas jalan menuju Srondol…
    Di deket Poltabes juga ada (dekat Greja Blenduk).
    AGak mahal tapi memang enak… :D

    [Balas]

    Irawan

    Sepakat pak mars, kalau yang di semarang saya cuma pernah lewat dan lihat doang…

    [Balas]

  2. Sriyono Semarang

    mang rasa mantab ikan bakarnya, harganya juga mantab,
    belum kuat klo makan tiap hadi di sini… :)

    [Balas]

  3. aming

    di bookmark dulu alamatnya…
    thanks

    [Balas]

  4. ambar

    kayak nya enak tuhh

    mampir ya d web kmi http://unsri.ac.id

    [Balas]

  5. Gugun

    kelihatannya enak, tapi sayang jauh

    [Balas]

  6. Hanif

    mahal gak ya? sering lewat tapi perasaan resto sebesar itu mahal. hehe.

    [Balas]

    Irawan

    @Hanif, kalau buat saya sih harganya agak mahal dibandingkan resto sejenis.

    tapi tempat, layanan, dan rasanya sebanding kok. cocok buat acara kumpul-kumpul

    [Balas]

  7. yadi

    cuma liat gambar nya aja udah ngiler, apa lagi kalau liat asli nya.

    [Balas]

  8. intan rawit

    wah deket banget ni resto sama rumah saya mas…cm dibelakangnya IB?C (halahh siapa jg yang nanya. hoho)

    [Balas]

  9. How to have a baby

    nafsu makan makin mantap tuh,thx infonya…..!

    [Balas]

  10. Adriana

    Sho1:Agree. Marshall is the most pro-ready for the budget with more opionts. Small HD is good(particularly because of more resolution) but felt big and heavy when I used it on 7D(compared to Marshall). HDMI is not a pro-ready input as when you wrangle the cable the signal may not be solid compared to SDI. The perfectionists should get a monitor with HD-SDi in/out, forget about the HDMI, and use a Black Magic HDMI-HD-SDI converter so that way you can still monitor from camera while you feed clients monitor on sharp resolution(HD). Those who on budget should get a HDMI-RGB cable and use any of above monitor on camera and feed the client monitor off the monitor’s component output. You’ll save $ for converter and its batteries and still get the decent set up. RGB(component) cables, though can be quite thick, seem more solid than HDMI cables anyways.

    [Balas]

  11. tas murah ,branded,kualitas super

    HMMMMMM THX MAS INFONYA SEPERTINYA LAYAK DI COBA BILA PULKAM SAAT HARI RAYA NANTI :)

    [Balas]

  12. raihan

    ikan bakar mantap dan melezatkan….

    [Balas]

  13. djarum black

    pernah coba ikan bakar taliwang atau ayam bakar taliwang mba?

    [Balas]

  14. Anaa

    Ikan bakar faforit saya ni. Gambarnya memikat banget apalagi jk ada didpn mata langsung ya…

    [Balas]

  15. Aneka Resep Masakan

    wah pasti maknyuss nich, heheh

    [Balas]

  16. gadgetboi

    gurame asam manisnya memang enak. ditambah pete, sambal dan juga tumis kangkung udah mantab banget deh :mrgreen:

    [Balas]

  17. dimas

    jika butuh ikan laut segar berbagai size dan jenis untuk keperluan restaurant, party, hotel, dsb.. kontak di: mahadewi5@yahoo.com
    ph: 085739994400

    [Balas]

  18. venan anantya

    jika butuh gurameh segar, kami ambilkan langsung dari kolam.
    089658531898 (venan).
    Miliran (barat Balai Kota) Yogyakarta.

    [Balas]

Tinggalkan Komentar

Gule Ayam Sudi Moro Jejamuran, Hidangan Serba Jamur