Dikategorikan | Dapur, Foodpedia

Tag |

Cimol, Aci Digemol

Diposting pada 29 Mei 2011 oleh Irawan

Bandung adalah salah satu daerah yang kaya dengan jajanan-nya. Biasanya nama jajanan disingkat sehingga menghasilkan nama yang lebih ear-catching, misalnya combro, cireng, dan yang akan saya bahas kali ini, cimol. Cimol adalah kependekan dari aci digemol. Sesuai namanya, jajanan yang satu ini dibuat dari tepung kanji (aci) yang dibentuk bulat-bulat (digemol), kemudian digoreng.

Cimol

Cimol dengan rasa keju.

Cimol biasanya dijual di pinggir jalan dengan gerobak dorongan (kaki lima). Jajanan ini cukup populer, tersebar di berbagai daerah, tidak hanya di Bandung. Meskipun untuk mencari cimol di daerah selain Bandung masih cukup sulit. Biasanya pedagang cimol mangkal di dekat sekolah atau fasilitas publik. Seperti yang berhasil saya temui di dekat perguruan tinggi UPN Veteran, Jakarta Selatan.

Awalnya bumbu cimol hanya menggunakan serbuk pedas saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, pilihan rasa serbuk bumbu cimol semakin beragam, misalnya rasa keju, barbekyu, atau rasa jangung bakar. Beberapa orang sering salah mengartikan cilok dengan cimol, karena sama-sama terbuat dari tepung kanji dan berbentuk bulat. Bedanya, cilok tidak digoreng, tetapi dikukus, dan menggunakan bumbu kacang atau saus tomat, bukan serbuk perasa.

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Irawan

Irawan suka bermain game, oprek komputer, nonton, dan mendengarkan musik. Gemar makan, malas olah raga tetapi memiliki impian berbadan ramping dan seksi.

38 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. Mhd Wahyu NZ

    kenapa dulu sayanya waktu di bandung ga sempat ketemu ini cimol ya? seringnya cuma ketemu sama kue bantal guling *bingung sendiri*

    :roll:

    [Balas]

    Irawan

    Biasanya mangkal di dekat sekolah atau mall mas.
    Kue bantal guling? odading kah?

    [Balas]

    Mhd Wahyu NZ

    iya, itu, odading namanya kalau ga salah ingat

    [Balas]

  2. sky

    trus….aci itu apaan? :D

    [Balas]

    Irawan

    Jawabannya ada di paragraf 1 kalimat 4, tepung kanji…

    [Balas]

  3. sibair

    bikin fresh liat foto2 disini… sumpah keren!

    [Balas]

  4. tomi

    waduhh blm pernah mas makan cimol..
    cilok ma cireng ada sih di kampus.. cimol malah baru tau.. jadi pengeeeen

    [Balas]

  5. @helgaindra

    cemilan jaman sekolah dulu nih
    hehehe

    [Balas]

    Irawan

    Ampe sekarang masih suka beli, istri saya sih yang beli, saya incip2 doang…

    [Balas]

  6. Fast and furious movie series

    belum pernah nyobain nih mas..keknya enak buat cemilan saat ujan sore2 :)

    [Balas]

  7. anank

    belum pernah jumpa ama ni makanan, namanya aja baru tahu sekarang hehe..

    [Balas]

    Irawan

    Aslinya memang dari Bandung, saya sendiri kurang tau peredarannya udah sampai mana…

    [Balas]

  8. Adib mahdy

    ada penjual cimol di kota ku…t
    api tak secantik ini…wa…enak tuh HEBAT

    [Balas]

    Irawan

    Itu dibawa pulang ke rumah, trus ditaruh piring mas biar cantik…

    [Balas]

  9. Fonega

    delivery doooonk :p

    [Balas]

    Irawan

    lewat email ya…

    [Balas]

  10. Zippy

    Saya sendiri belum pernah rasa :D
    Jajajana ginian emang gak ada di Jayapura sih :D
    Kayaknya enak ya.
    Tapi mirip gak sama cilok? Kan dibuat dari tepung kanji juga tuh, hihihi… :D

    [Balas]

    Irawan

    Mirip, bedanya cuma digoreng ama dikukus dan bumbunya…

    [Balas]

  11. mrs. japra

    halo,
    lagi interest nih sama cemilan cara bikin cimol,
    ini tuh jajanan favorit saya di tasik, waktu kul di bandung nemu juga cimol dengan versi yang lebih modern (variasi bumbu). nah, bisa bantu nemuin resep n cara bikinnya ga?
    terimakasih byk sbelumnya..

    [Balas]

    Irawan

    nanti coba saya tanyakan ke istri saya, siapa tau mau bereksperimen

    [Balas]

  12. 108CSR

    cimol memang enak

    Salam 108CSR, Your CSR Development Partner. Corporate Social Responsibility.

    [Balas]

  13. Putu Yoga

    wah kalau di kaltim, mungkin namanya pentol, atau salome :D

    [Balas]

    Irawan

    Kalau di jogja dulu cilok biasa disebut ondol-ondol

    [Balas]

  14. tika

    keren blog nya… so inspiring me buat blog yg bermutu..

    [Balas]

    Irawan

    Makasih… jadi malu…

    [Balas]

  15. rita

    waaahhh poto’y bikin ngileur

    sumpah itu makanan cemilan kesukaan saya pisan…hehehe

    [Balas]

  16. stormy_nino

    waaaa.. itu cimol rasa keju.. aseekk..
    jd pengen makan… tp rasa orisinil lbh mantapp..

    [Balas]

    Irawan

    setuju, rasa orisinil emang lebih ngangenin

    [Balas]

  17. ndil

    udah banyak yang jual di makassar nih sejak 4 taon yg lalu kayaknya… sayangnya dari 4 tahun lalu sampe 2012 jg harganya 1rb cuma dapet 6 biji..mahal yak?? padahal dari aci doang.. kalo dbandung harganya emang berapaan??

    [Balas]

    Irawan

    mahal banget… di bandung dapet seplastik…
    takarannya pakai kira-kira aja, ga dihitung per biji.

    [Balas]

  18. metta victoria

    tulis cara membuatnya donk

    [Balas]

  19. agungmedia

    boz kirim e resep donk, takaran/perbandingannya lengkap dengan caranya….. secepatnya,….kara udah nganggur boz….. tank (salam kenal)

    [Balas]

  20. bang; yit

    itulah klbihan CimoL…
    kcil imut ga da bosenny,mang pling enk mkan cimoL pas wktu hujan”/di wktu sor hari tp cimolnya yg msih anget aq yakin klian smua psti ktagihan….
    aq sndri bljar cImoL smpe ke bandung cm tuk biar bs bkin cimol,mkan wktu 8 bln aq br bner” bs bkin cimoL…
    skrang aq dah usha sndri alhmdllh smpe skrang msih brthan.

    [Balas]

  21. ardi

    mas boleh minta resep membuat cimil dengan bumbu? bukan saos ya

    [Balas]

  22. ardi

    mas boleh minta resep membuat cimol dengan bumbu? bukan saos ya. terima kasih

    [Balas]

  23. ipeh

    d cilacap ad yg jual g y..? ud lama ngudam ni..

    [Balas]

  24. bayu

    gimana cara bikin bumbu cilmolnya tlg jelasin satu-satu dari semua aneka rasa

    [Balas]

  25. bimbel online

    jadi kepengen cimol deh.

    tadi ada pas dijalan, cuman kan takut terlambat.
    jadi engga beli deh :’(

    [Balas]

Tinggalkan Komentar

Ayam Sambal Hijau Sambal Tempe