Dikategorikan | Cerita

Es Dung Dung, Yang Manis Dari Masa Lalu

Diposting pada 21 Agustus 2011 oleh Ariyanti

Senin lalu, 15 Agustus 2011, Wall’s mengadakan acara buka buka bersama sekaligus pengenalan produk baru es krim mereka. Mungkin bagi anda yang selalu update mengikuti sosial media sudah mengetahui produk baru Wall’s ini, namanya es dung dung. Tidak ketinggalan saya dan suami turut diundang untuk ikut mencicipi. Karena saya penggemar berat es krim, kesempatan ini tidak dilewatkan. Saya sangat antusias dan penasaran dengan rasa produk baru ini.

Es Dung Dung, Yang Manis Dari Masa Lalu

Es Dung Dung Kelapa MudaDengan mengusung tema “Yang Manis Dari Masa Lalu”, Wall’s menghadirkan dua pembicara. Yang pertama Ari Parikesit, pakar kuliner yang menjelaskan tentang jajanan tradisional asli Indonesia. Salah satu jajanan tradisional yang menjadi ciri khas Indonesia adalah es puter. Sejarah es puter berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh kaum tertentu. Keinginan orang indonesia untuk bisa menikmati es krim melahirkan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan memadukan santan kepala dengan buah-buahan lokal seperti kelapa muda, nangka, atau durian terciptalah es krim yang “lebih indonesia”  yang kita kenal dengan sebutan es puter.

Menghias Es Dung DungSejarah es krim di dunia dijelaskan oleh pembicara kedua, yaitu Ratna Sumantri seorang dessert specialist. Berawal dari negeri China es krim menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Meskipun bukan jajanan asli Indonesia, es puter memberikan warna tersendiri dalam sejarah kuliner indonesia yang perlu dilestarikan.

Kita mengenal es puter sejak kecil sebagai jajanan di depan sekolah yang dijual oleh penjual keliling dengan gerobak. Anak-anak seringkali menyebut es puter dengan “es dong dong” atau “es tung tung” karena begitulah bunyi penjual es puter saat menjajakan dagangannya. Rasa khas es puter memberikan kenangan tersendiri bagi setiap orang yang  menimbulkan rasa kangen untuk menikmatinya kembali. Wall’s sebagai salah satu produsen es krim di Indonesia mencoba menghadirkan kembali kenangan masa lalu tersebut dalam produk baru yang lebih mudah didapat dan dinikmati. Dengan bahan utama santan kelapa, es dung dung memberikan rasa asli khas es puter. Potongan buah nangka dan kelapa muda ditambahkan untuk menambah citarasa asli indonesia.

Foto Bersama Es Dung Dung, Yang Manis Dari Masa Lalu

Saya berkesempatan untuk mencicipi dua varian rasa es dung dung, yaitu kelapa muda dan nangka. Tekstur es krim nya sangat lembut, padahal saya sedikit berharap tekstur nya sedikit kasar, seperti es puter. Wajar saja, pengolahannya dengan mesin, tidak dengan tangan yang kecepatan putarannya tidak konstan. Santan kelapanya sangat terasa disetiap suapan, ditambah dengan potongan buah yang cukup banyak membuat rasanya semakin enak. Es dung dung tidak hanya bisa dimakan langsung, tapi cocok juga dimakan dengan roti tawar atau sempe, seperti yang biasa saya beli dari penjual es dong dong keliling.

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Ariyanti

Ariyanti memiliki hobi membaca, memasak, nonton, dan jalan-jalan. Bercita-cita menjadi istri dan ibu dari suami dan anak-anak yang hebat.

22 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. alamendah

    Wah, yang begini saya paling suka. Apalagi kalau ada yang traktir.
    Hehehehe

    [Balas]

  2. Satu Hati Dua Jiwa

    saya pikir cuma di kota kecil saya dulu es puter di sebut es dung dung.

    romantisme masa kecil, ternyata pake bahasa yang sama ya..

    salam Gaptek Update

    [Balas]

    purwoko

    @Satu Hati Dua Jiwa,

    [Balas]

  3. Dhenok

    kalo disini es tung tung, huruf D mutasi jadi T.. hahahaha.. saya belum pernah nyobain es dung dung versi walls.. haduuuhh, nggak tega nerusin komen.. puasa puasa.. :D

    [Balas]

  4. gadgetboi

    wah … makin indonesia aja walls :D apakah nanti walls akan mengeluarkan varian es kenyot (es mambo/ es lilin (sunda) ) yah :mrgreen: biar lebih nostalgic mbak ari :lol:

    [Balas]

  5. Sriyono Semarang

    hmmmmmm… enakkkk banget, untuk buka puasa…

    [Balas]

  6. @helgaindra

    udah dijual untuk umum belom ya?
    pengen deh nyobain

    [Balas]

  7. Yaafii

    Wah. Kok hanya komentar tentang pengenalan es dong dong.
    Mana

    [Balas]

  8. wisata indonesia

    Bener-bener indonesia banget ini es, dan wall’s menyajikan versi terbarunya buat kita :)

    [Balas]

  9. lintang

    waduh,,, seger,,, jadi pengen menikmati es krim nih mbak… :)

    [Balas]

  10. Dheaneira Subekti

    kyaknya seger tuh :)

    [Balas]

  11. Dheaneira Subekti

    enak … ;)

    hehehe ..

    [Balas]

  12. purwoko

    dulu penjual es dundung di sd-ku namanya pak tris … setiap akan ulangan/ujian aku minum es dungdung dulu … alhasil nilaiku selalu 9 atau 10 … terima kasih pak tris …

    [Balas]

  13. nita

    Hai mbak..
    aku bisa minta contact person orang walls-nya..? kita mau ada festival jajanan online+ di Mal besar kawasan Jakarta Utara, mau ajak walls dung-dung ini kerjasama. Bisa bantu kasih aku contact-nya..? Makasih banyak ya mbak..

    [Balas]

  14. buah merah

    Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam suksesberhasil

    [Balas]

  15. fdff

    katanya resep koq yg kluar mlh foto

    [Balas]

  16. ikamerdekawati

    postingan yang bagus bisa memberikan referensi,
    jika sempat mampir dulu ke blog saya
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih

    [Balas]

  17. iwan pratama

    di area jogja kira2 masih ada gak ya yg jual ni es kangen soalnya
    heheheheh

    [Balas]

    Irawan

    @iwan pratama, masih ada.
    Saya sering lihat kok di box es krim walls yang biasa ada di toko-toko.

    [Balas]

  18. niko

    ada game Naruto baru nih,di Indonesia, cek aja langsung di http://on.fb.me/17jt0Y5

    [Balas]

  19. Lukman Fitrianto

    di Purwokerto, semakin sedikit penjuaLnya muLai berkurang,
    kaLah saing sama gengsi Magnum.

    [Balas]

1 Lacak Balik Post Ini.

  1. Es Dung Dung, Yang Manis Dari Masa Lalu | DuniaResep.Info | Dunia Resep | Resep Masakan | Aneka Resep Masakan Berkata:

    […] yang selalu update mengikuti sosial media sudah mengetahui produk baru Wall’s ini, namanya es dung dung. Tidak ketinggalan saya dan suami turut diundang untuk ikut mencicipi. Karena saya penggemar berat […]

Tinggalkan Komentar

Semur Ayam ala Dapur Indis Pempek Pak Raden Jl. Fatmawati