Dikategorikan | Dapur, Foodpedia

Bandeng Presto, Oleh-Oleh Khas Semarang

Diposting pada 12 Maret 2010 oleh Ariyanti

Ibukota Jawa Tengah, Semarang, adalah salah satu kota yang kaya akan berbagai jenis kuliner. Wingko babat, kue mochi, bandeng presto, tahu bakso (bukan bakso tahu lho), dan masih banyak lagi makanan khas yang lain. Kalau ada kesempatan jalan-jalan di Semarang, jangan lupa mampir ke jalan Pandanaran untuk membeli oleh-oleh. Kebetulan saya baru saja menerima oleh-oleh bandeng presto dari seorang teman yang kebetulan mampir di Semarang.

Bandeng Presto, Oleh-Oleh Khas Semarang

Meskipun bandeng presto bisa didapatkan di mana saja, tetapi rasanya lebih afdol kalau makan bandeng presto khas Semarang. Seperti pempek, makan pempek Palembang tentu rasanya lebih mantap daripada makan pempek Jogja. Rasanya mungkin tidak terlalu berbeda, tetapi kemantapan dan kepuasan hati yang membuatnya terasa lebih. Lho kok malah ngomongin pempek, balik lagi ke bandeng presto.

Bandeng presto adalah jenis makanan dari ikan bandeng yang dimasak dengan uap air bertekanan tinggi atau istilah bekennya dipresto. Itu sebabnya mengapa makanan ini diberi nama bandeng presto.  Alhasil, duri ikan bandeng yang berjumlah banyak dan tersembunyi tidak menjadi halangan bagi kita yang ingin melahapnya. Karena dengan proses presto tersebut duri-duri ikan bandeng menjadi lunak.

Bandeng presto dapat langsung digoreng, dibakar, atau kita olah sesuai keinginan kita. Tetapi favorit saya tetap bandeng presto goreng dengan selimut telur ditambah sambal yang biasanya disertakan dalam setiap bungkusan. Dengan sedikit sayuran, bandeng presto siap dihidangkan untuk makan malam kita.

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Ariyanti

Ariyanti memiliki hobi membaca, memasak, nonton, dan jalan-jalan. Bercita-cita menjadi istri dan ibu dari suami dan anak-anak yang hebat.

90 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. Rock

    Aku suka bandeng presto…

    [Balas]

  2. Etc News

    Wahhh… jadi lapar nich… hahaha…

    [Balas]

  3. fai_cong

    wah…
    jadi kangen kampung halaman ikz..
    enakan di bakar… bumbu cukup air laut.. dibakar setengah matang terus celupin ke dlm air laut terus dibakar lagi sampai masak.
    hehe…
    jangan lupa bawa sambal sendiri dari rumah.
    xixixi…

    [Balas]

  4. kyaine

    klo ke semarang, cari oleh2 tinggal datang di sepanjang jalan pandanaran. menikmati bandeng presto dng nasi yg kebul2 hangat Ar, dng sambelnya makin mantap :)

    [Balas]

  5. alamendah

    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    di Juana, Pati juga identik dengan Prestonya.

    [Balas]

    Hari Mulya

    @alamendah, Juana apa Juwana, Dab?

    [Balas]

  6. Hari Mulya

    hhmmm…

    [Balas]

    Hari Mulya

    jadi inget waktu kuLiah duLu..
    nyogok dosen pake bandeng biar cepet ACC skripsinya… :D

    [Balas]

  7. anyin

    bagi dong mbak

    [Balas]

  8. Aisha

    Mantab emang bandeng prestonya semarang sist,siip…

    [Balas]

  9. Rafi

    Widiiiih….Asli ini makanan yg paling Sy Gilai dari semarang, Wanginya aja udh keren…

    [Balas]

  10. Muji

    Bandeng presto memang enak. Bisa dimakan dari ujung kepala sampai ekor. Hmmm

    [Balas]

  11. arkasala

    waaaaa kalo ini kesukaan saya :)

    [Balas]

  12. abifasya

    kunjungan akhir pekan ke rumah sahabat tercinta, semoga sukses slalu.
    Ridla Allah semoga senantiasa bersama kita.
    Amiin

    [Balas]

  13. cah ndueso

    luwe mbak……….

    [Balas]

  14. monda

    kesukaanku nih, dicocol sambal mantap..

    [Balas]

  15. dasir

    Aku suka bandeng presto, karena ga bikin kesangklat.*boso indone opo yo?*

    [Balas]

  16. dasir

    Aku suka bandeng presto, karena g bikin kesangklat*boso indone opo yo?*

    [Balas]

  17. ofaragilboy

    salam mbae, berkunjung siang mencari menu makansiang and mantab nieh pake bandeng presto… tapi lagi pailit… mending makan AW ja
    (AnekaWarteg)

    [Balas]

  18. marsudiyanto

    Ini Bandeng paling aneh…
    Khas Semarang tapi pakai nama Juwana.
    (menurut Buku Geografi, Semarang Juwana itu jauh, diselingi beberapa kota misalnya Demak, Kudus dan Pati)… :D

    [Balas]

  19. yangputri

    aku sering tuh dapet oleh2 bandeng presto

    [Balas]

  20. vany

    saia jg memfavoritkan bandeng presto, mbak…
    kyknya hampir tiap minggu saia beli…
    pgn jg nih nyobain bandeng presto khas semarang…
    kyknya enak nih… :D

    [Balas]

  21. aldy

    Saya belum pernah ke Semarang, pastinya belum pernah menikmati dendeng presto semarang.
    Sementara ini cukup buatan orang rumah saja.

    [Balas]

  22. Didien®

    Bandeng presto??? itu tiap kali saya pulang kampung..pasti sempet²in bawa buat oleh² ketika kembali ke Bandung .. biasanya saya bawa sama wingkonya juga

    salam, ^_^

    [Balas]

  23. d-Gadget™

    Saya pernah makan Bandeng Presto ini…rasanya memang luar biasa..durinya aja bisa di makan hehehee

    [Balas]

  24. agoenk70

    hmmklo makan bandeng presto semarang c belum pernah klo bandeng presto biasa c udah hehe.. tapi emang akan terasa afdol klo di bawa dari kota khas nya.

    [Balas]

  25. annosmile

    saya sering beli tuh bandeng presto
    pas maen ke semarang..

    [Balas]

  26. bayuputra

    wah saya kira bandeng Arwana ……. hiiii

    [Balas]

  27. Hariez

    sayah malah penasaran sama pempek jogja na *ngiler mode on*

    salam hangat

    [Balas]

  28. Caride™

    Bandeng presto paling enak di apain ya mbak?

    [Balas]

  29. ceuceusovi

    saya belom pernah ke semarang.. dan bandeng presto biasanya saya beli di supermarket. waktu di cirebon dulu, ada yang jual bandeng presto..wuenakk bgt.. nama penjualnya “bandeng presto pak kumis” , di jalan kesambi.. ( lo kok jd ngomongin cirebon ya.. ? :) )

    yg pasti saya dan anak2 suka banget bandeng, apalagi bandeng presto.. !

    [Balas]

  30. harto

    bandeng prestoo…. aaaahhhhh sedaaapp dicocol saus kecap

    [Balas]

  31. Agung Pushandaka

    Saya cukup sering membawakan makanan ini sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan teman di denpasar. Kebetulan karena nenek saya menetap di semarang.

    [Balas]

  32. sunflo

    dooohhh… jadi kangen ma semarang, kalu pulang ke rumah selalu dibawain oleh2 ma ibu bandeng presto buat dibagiin ke tetangga.. ^^

    [Balas]

  33. sugeng

    semarang kaline banjir…..
    btw, bandeng presto memang kesukaan ku tapi senangnya yang bikin sendiri di ungkep (apa bahasa indonesianya ya ??) dengan panci filamen.

    [Balas]

  34. MasEDI Belajar Ngeblog

    Bandeng presto juana yg dkt simpang 5, tp aslinya dr pati, coz juana kan ada di pati, kata nya sih gt mbak :-D hehew

    [Balas]

  35. U-marr

    saya belum pernah nyoba nih yang namanya bandeng presto.

    eh iya mbak, saya punya saran nih, gimana klo kapan-kapan ng-review tentang makanan yang ada di kota saya yaitu garut. di garut banyak sekali nih makanan yang enak-enak yang patut di coba.

    thanks mbak. :D

    [Balas]

  36. jun

    jadi laper :P

    [Balas]

  37. darahbiroe

    wah wah wah abiz biz dr bandeng juwana presto kok gag mmpir ke gubukku mbak heheh deket tuch klo dah dipandanaran hehe

    [Balas]

  38. antokcupu

    hmmm semarang emang maknyussss
    blogwalking

    [Balas]

  39. isdiyanto

    kayaknya belinya di jalan pandaran tuh…

    [Balas]

  40. rumah blogger

    waahhh dapat oleh2 nich…hehehehe

    [Balas]

  41. sabirinnet

    kalau ke semarang pasti beli, soalnya nyari yg kayak disemarang sangat sulit, dan kalau beli di bandara mahal sekali ya..

    [Balas]

  42. shafira

    mari makaaan.:D

    [Balas]

  43. HumorBendol

    Eh, di Sidoarjo-Jatim, ada juga toko Bandeng Presto yang enak mbak.
    Mungkin…impor dari semarang kali ya?

    [Balas]

  44. ompoer

    uenak…enak…enak…
    bandeng presto…..lahap abis…

    [Balas]

  45. alief

    kalo aku sukanya bandeng bakar,model mbakarnya gak angsung diatas api,tapi didalam lumpur

    [Balas]

  46. Andrie-SekolahVirtual

    Wah…
    muantab…
    ada yang punya resep untuk sambel bandeng presto juwana?

    http://www.sekolahvirtual.or.id

    [Balas]

  47. elmoudy

    saya juga pernah dibawain kakak oleh2 bandeng presto ini
    semarang punya… ehehe

    [Balas]

  48. hantu blogger

    hihihi… aku belum pernah merasakan bandeng presto semarang. yang pernah hanya presto biasa saja. kalo sempat oleh-oleh rumah hantu ya!

    [Balas]

  49. nh18

    Bandeng Presto … ??
    Celup ke kocokan kuning telur yang telah dibumbui …
    lalu digoreng …
    abis itu dimakan pake adonan : kecap dan cabe rawit dan bawang merah …

    Aaarrrggghhh … ngecesss akuh …

    [Balas]

  50. ok

    klo sate bandeng oleh2 khas serang mbak :D enak lho…jiaaa promosi hehehehe…
    ada sesuatu bwt mbak di http://ourkami.wordpress.com/2010/03/15/nice-award-from-nice-friends/

    [Balas]

  51. aurora

    weleh… pasti enak banget tuh mbak… tinggal suap. you can eat whole bandeng… hehe…

    [Balas]

  52. Kurotsuchi

    bandeng presto makanan wajib saban malam, pas kali pertama saya hijrah ke jakarta :P padahal dulu pas di jogja enggak pernah sekalipun makan bandeng presto ;))

    [Balas]

  53. d.e.q

    wah, penemu metode presto hebat bgt. bisa melunakkan duri yang lagi maen petak umpet di daging ikan bandengnya :D

    [Balas]

  54. Enutd

    Tak pernah terlewatkan tuk oleh2 yg satu ini….

    [Balas]

  55. yanti tukang kerupuk

    Selamat pagi.salam takzim.Semoga hari ini semua narablogger yang hadir disini mendapatkan limpahan rahmatNya.Salam Yanti dan keluarga

    [Balas]

  56. yanti tukang kerupuk

    Jadi ke inget jaman dulu waktu masih kuliah di ITS, sering mampir ke gresik sekedar nyari bandeng presto sama otak-otak Jeng..

    [Balas]

  57. Ruang Hati

    bandeng yuwana emang terkenal sekali, enak nih

    [Balas]

  58. aap

    wah..saya suka bandeng oresto ! kapan ya dapat oleh oleh ?

    [Balas]

  59. septian angga

    wah saya orang semarang, bandeng presto tooooppp :D

    [Balas]

  60. Didien®

    belum apdet mbak?

    [Balas]

  61. zee

    Kalo saya, digoreng biasa saja sudah cukup enak, plus sambalnya… sedappp.

    [Balas]

  62. Mamah Aline

    kalo pulang dari yogya, pasti ngambil rute ke semarang… wajib beli bandeng presto… mantap…:)

    [Balas]

  63. prof. helga

    waaah boleh juga tuh dianter ke kosan gue
    kebetulan gue lagi laferr

    hahaha

    [Balas]

  64. Darin

    Ngga ada durinya itu yang bikin enak, jadi ketagihan! :D

    [Balas]

  65. nakjaDimande

    Ari, di Bukittinggi ngga ada jual bandeng presto.. klo di Bandung siyh banyak. memang paling sip digoreng celup dgn telur. praktis dan enak!

    [Balas]

  66. BENY KADIR

    Wow,baru kenal prestonya,Mba.
    Pasti lebih nikmat.
    Biasanya,kalo dapat bandeng cuma dipanggang saja.

    [Balas]

  67. jasa hosting murah

    selamat ya .. menang di detikinet untuk blog sehat minggu ini

    [Balas]

  68. wawansri

    jd lapeerr….
    bandeng jg boleh… jgn lupa sambelnya…

    [Balas]

  69. wi3nd

    nda doyan ikan,palin9 ikut maem sambelnya ajah lauknya beda [ayam pastinya he he]

    aku suka win9ko jee

    [Balas]

  70. any anfit

    weee…bandeng presto..oleh2 wajib kalo lg pulkam.
    kebetulan sy org semarang asli yg skrg tinggal di jakarta.
    jd kl abis pulkam, pasti pada nanyain bandeng presto n wingko.. :)
    bandeng presto sekarang byk variantnya mba..
    mulai dari bandeng presto biasa, sampai ada juga bandeng presto yg dipepes..
    rasanya ?? ga kalah nikmatnya kalau dimakan dengan nasi putih yg ngepul..
    mm…nyam..nyam…jadi laper membayangkannya… :P

    [Balas]

  71. bayuputra

    HEMMMM NYAMI ENAK…..

    [Balas]

  72. Multibrand

    Salam kenal,
    Blog anda menarik, mudah dicapai, enak dilihat dan sedap-nikmat untuk dibaca.
    Congrats!

    Silakan berkunjung ke blog saya : multibrand.blogspot.com

    [Balas]

  73. damalyk

    wahh..sepertinya enka tuh bandeng prestonya..

    salam kenal..
    kunjungan pertama..

    [Balas]

  74. idana

    pengen nyoba bandeng presto nya deh :D

    [Balas]

  75. Agus Candra

    Satu lagi kuliner semarang yang terlupakan berbahan dasar bandeng, mungkin karena jarang yang jual…. waleran a.k.a wedel (pati).
    Bahan dari isi perut bandeng yang ditumis pedas (digongso) kemudian dibungkus daun jati atau daun pisang … rasanya pahit gurih, pedes sedap, and… kalo dimakan dengan nasi, dua pring nasi juga tidak cukup he he he.

    [Balas]

  76. Kakaakin

    Wah… aku juga suka bandeng presto. Pernah juga sesekali tetangga yang baru pulang dari jawa ngasih oleh2 bandeng presto. Kalo di kotaku masih jarang yang jual bandeng presto :)
    Skalian mau ngasih tau, silakan mampir juga di blogku yang baru http://kakaakin.info/ :)

    [Balas]

  77. indra1082

    Saya kira cuma wingko babad yg dari semarang.. :) Manstab…….

    [Balas]

  78. gadgetboi

    entah kenapa saya enggak suka sama bandeng presto :(

    [Balas]

  79. ijjal

    wah dulu ayah saya pernah belikan tuh..
    belinya didaerah mana ya??
    siapa tau sempet mampir..hehe

    [Balas]

  80. riza

    wah..enak eank..bikin lapar :)

    [Balas]

  81. funky fun-T mimi allegra

    bagi dong mbaaaaaaaa :)

    [Balas]

  82. didot

    udah pernah makan ini,wah jadi kepengen lagi :D

    [Balas]

  83. dika

    Numpang Promosi

    Bandeng Presto Enak

    Kami menerima pemesanan segala jenis olahan bandeng secara Online
    -Bandeng Presto
    -Otak-Otak Bandeng
    -Rolade banding
    -Garang Asem Bandeng
    -Pepes banding
    -Dll
    Juga melayani catering, Kue,dll
    Enak, Higienis, dan terjangkau.
    Mulai Rp. 8500,-

    Hubungi kami segera :
    031 591 5124 atau 0838 4921 7129

    [Balas]

  84. dary

    bandeng presto duri lunak uwenak buanget, palagi beli asli dr pandanaran semarang.

    [Balas]

  85. cara mengobati darah tinggi

    pindang presto itu sabngat mantap sekali gan, makasih banyak atas infonya sob

    [Balas]

  86. hariyono

    rasa yg dulu sdh beda dg sekarang,,,lebih enk yg dulu…aku juga jual bandeg presto lho?hrg murah dan rasa tak kalah

    [Balas]

  87. Arjuna

    Masih suka ke Semarangkah? Jangan lupa, bulan ini ada event besar Semarang Great Sale. Diskonnya mantap.

    [Balas]

    Irawan

    Wah kebetulan saya ke Semarang pas ada order aja…
    Makasih infonya, moga-moga ada kesempatan ke Semarang…

    [Balas]

Tinggalkan Komentar

Teh Mint Maroko Internet Sehat Blog Award 2010