Dikategorikan | Cerita

Tag |

5 Alasan Memasak

Diposting pada 29 Maret 2010 oleh Ariyanti

Mengapa kita memasak? Memasak bukan suatu keharusan. Tetapi jika sudah memutuskan untuk memasak sendiri dibandingkan jajan atau minta dimasakin, mungkin ada alasannya. Entah karena kelaparan, kesenangan, hobi, terpaksa karena pekerjaan, dll. Berikut ini 5 alasan ketika saya memutuskan untuk memasak sendiri.

5 Alasan Memasak

Hati-hati, cari-cari alasan bisa bikin bengong dan terjerat masalah.

  1. Alasan ekonomi alias ngirit. Daripada keluar beli nasi goreng lebih baik saya membuat nasi goreng sendiri. Meskipun kadang-kadang memasak sendiri justru lebih boros daripada membeli makanan di luar.
  2. Memasak untuk kesenangan. Memasak itu bisa menghilangkan stress. Bahkan membuat mie instan pun bisa sangat menyenangkan. Silahkan dicoba.
  3. Sarana tebar pesona. Apa nih maksudnya? Masakan yang unik atau lezat bisa menjadi nilai tambah untuk kita. Siapa sangka dengan masakan kita bisa dekat dengan teman, disayang pacar atau suami, atau semakin akrab dalam keluarga.
  4. Mari ber-olah raga dengan memasak. Kok bisa? Meskipun mencuci perabot dan bersih-bersih dapur adalah bagian yang paling tidak saya sukai, tetapi kegiatan tersebut adalah salah satu cara untuk membakar kalori di dapur.
  5. Memasak untuk ke-narsis-an dan ke-eksis-an. Yang ini bener-bener tidak nyambung deh. Eits, jangan salah buktinya saya bisa narsis dan eksis di sauskecap.com dengan memasak.

Dan berjuta alasan yang lain… Alasan-alasan diatas tidak sepenuhnya benar, karena hanya pendapat pribadi. Lalu bagaimana dengan anda? Apa alasan anda memasak?

Untuk mendapatkan info seputar dunia kuliner, ikuti sauskecap.com di twitter atau gabung di komunitas facebook.
Sauskecap.com Delivery Service

Sekilas Tentang Ariyanti

Ariyanti memiliki hobi membaca, memasak, nonton, dan jalan-jalan. Bercita-cita menjadi istri dan ibu dari suami dan anak-anak yang hebat.

91 Komentar Untuk Artikel Ini

  1. keboo

    entah kenapa setiap ke sini pasti jadi laper,,, hikhik

    wew baru tau kalo bisa seperti itu alasan masak, maklum cuma pernah masak aer

    [Balas]

  2. wahyurez

    kalau aku sih, alasan memasak sendiri: RASANYA PAS DI LIDAH, dan bisa DIMODIFIKASI sesuai keinginan hehehehe

    [Balas]

  3. Amink

    lebih setuju sama item no. 1,
    masak bikin irit kok, ….

    bukan berarti pelit khan…

    [Balas]

  4. dhila

    moga dhila mau bergerak utk masak… kadang gak punya motivasi sih.. :( gimana dunk mba…

    [Balas]

  5. asepsaiba

    sauskecap emang wokeh!

    nyumbang alasan : memasak untuk mengasah indra ke-6 kita. Karena masak kan kadang butuh sentuhan jiwa dan pikiran.. *halah…

    [Balas]

  6. guskar

    saya memasak utk salurkan keinginan menikmati masakan sendiri, mskpn keinginan ini blm tentu datang sebulan sekali. kadang saya kangen dng sayur lodeh, tak segan saya meracik bumbunya, bisa utk makan 2 atau 3 kali. :)

    [Balas]

    Irawan

    @guskar, aku setuju, makan indomie pun rasanya lebih enak daripada dibikinin… hahaha…

    [Balas]

  7. fai_cong

    saya setuju point pertama.
    tentunya untuk anak kost seperti saya mbak.
    hehe.. :D

    [Balas]

  8. alamendah

    Saya bisanya masak air, dan dimaksakkan….

    [Balas]

  9. ceuceusovi

    hureyyy… alasan saya masak sama dengan 5 point di atas.. :) apalagi nomor 3 tuh… hahahaha…

    yang pasti ada kepuasan tersendiri jika setelah masak, hidangan pun disantap habis sama anak2, suami, keluarga atau tamu2…

    [Balas]

  10. Rock

    Nomor 1 itu alasan waktu masih di kost. hahaha…

    [Balas]

  11. banny

    semua alasan tersebut masuk semua euy…

    salam hijau…

    [Balas]

  12. nakjaDimande

    lebih sehat juga Ri, krn kita bisa batasi penggunaan bumbu penyedap dan pengawet..

    tapi yang jelas, bundo masak dgn alasan tebar pesona. itu pasti!

    [Balas]

    Vyan RH

    koq plinplan bun?.. kemaren bilang masakin buat Vyan itu karena kasih sayang.. [sayang dikasih ke Vyan mah].. ngaciirr……!!!

    [Balas]

  13. Mas joe

    Photonya saya suka tuh kayak baru kecopetan deh. hehehehe

    [Balas]

  14. yos

    alasan ekonomi tuh yang paling sering digunakan, hehe

    [Balas]

  15. kompikita

    alasan pertama itu yg menjadikan saya semangat belajar memasak,lebih2 waktu indekost.haha

    [Balas]

  16. kubus

    pingin jadi bapak rumah tangga yang baik,alasan belajar memasak.haha

    info yang bermanfaat sahabat..

    [Balas]

  17. SQR

    masak sih?

    [Balas]

  18. Hari Mulya

    mukanya kok mendung gitu… :D

    [Balas]

    Hari Mulya

    ini komennya pake IntenseDebat ya, mBa?
    keren…

    [Balas]

    Irawan

    @Hari Mulya, dibalikin lagi ke habitatnya… pake intense debate banyak bugnya… padahal ngidam sama pagination + java nya… biar bisa digabungin sama plugin wordpress supercache…

    [Balas]

  19. udienroy

    Aku sudah 2 bulan ini masak sendiri. Bukan karna apa2 wong nyak ama babeh pindah ke tempat kerja.

    [Balas]

  20. noor

    Alasan memasak : Cacing2 diperut sudah main dangdutan alias laper, punya penyakit tongpes ( kantong kempes ), sayang perabotan masak kalo ngga dipake soalnya sudah cape2 kredit..he..he

    [Balas]

  21. anny

    Setuju banget dengan 5 alasan diatas, aku suka sekali memasak, lebih puas dan murah meriah

    [Balas]

  22. ruang hati blog

    irit dan lebih mantep kan buatan sendiri

    [Balas]

  23. Vyan RH

    Memasak?? kegiatan yang menyenangkan terutama pada saat menyantapnya..!!
    ** aku baru bisa masak air, indomie dan goreng telor.. :)

    [Balas]

  24. Hariez

    hmm…kalo saya alasan masak apa ya ? oh ya karena jarang jajan :mrgreen:

    salam hangat

    [Balas]

  25. Agung Pushandaka

    Ndak ada 1 pun alasan yang mbak jelaskan di atas cocok dengan saya. Soalnya, saya kalau sampai turun sendiri ke dapur, biasanya dengan alasan terpaksa. Mau makan tapi nihil di meja makan, mau beli malas keluar atau ndak yang bisa disuruh, mau delivery biasanya lama, dsb. Maka, dengan terpaksa saya pun memasak apa pun yang bisa saya masak. Hehe..

    [Balas]

  26. anna

    heheh…
    setuju bgt dengan berolahraga dengan memasak dan juga… menjaga kenarsisan dan eksistensi diri.

    habis masak, ya ampun, kotor bgt dapurnya, kaena gak ada asisten di rumah.. saya juga yang bersih2. plus, kalo masakan berhasil, dapet pujian dari suami… hehehe

    [Balas]

  27. fety

    kalo fety alasan pertama masak karena di jepang sangat jarang bisa menemukan makanan yang bisa dimakan, karena kemungkinan dicampur babinya sangat besar. sampai-sampai ibu bilang: owalah nak, belajar masak aja mesti ke jepang. tapi, sepakat mbak, memasak itu menyenangkan:)

    [Balas]

  28. zee

    Kalau saya setuju dengan alasan irit.
    Sekaligus belajar berhemat kanm dengan masak sendiri. Jadi tahu harga2 belanjaan…

    [Balas]

  29. anyin

    saya juga gak suka bersih2 habis masak

    form komentarnya jujur aja agak bikin ngga nyaman mbak.. mesti ngisi data dari awal lagi

    [Balas]

  30. aap

    Saya juga kadang-kadang suka masak.tapi menunya cuma satu..nasi goreng sosis saja he,,,he,,,!

    [Balas]

  31. annosmile

    klo saya suka habisin masakan aja..hehehe

    [Balas]

  32. fanz

    alasan saya masak ya karena saya suka makan :lol:

    [Balas]

  33. wi3nd

    bosen makanan warun9,itu alesan ku he he

    dan senen9 klu ban9ed klu masakannya habis dimakan :D

    [Balas]

  34. Ade Sri

    hahahahaha…ya ya ya…alasan ke 5,go green karena mengurangi penggunaan sampah plastik dan kertas nasi berplastik dari tukang nasi goreng ho ho ho…

    [Balas]

  35. morishige

    alasan saya memasak?? hm… keuangan yang menipis di akhir bulan? hehe.. :mrgreen:

    [Balas]

  36. darahbiroe

    hmmmm q tauuuu tuchh
    pic na mesti karena alesan yang pertama hahah
    bengong mikirin utang muzti nuy hhahahha
    peace kaburrrrrrrrrr

    [Balas]

  37. Masdinsite

    Sepertinya yang paling nyantol alasan yang nomor 3. Kalau cari calon istri harus yang bisa masak lah. ;)

    [Balas]

  38. d.e.q berkunjung

    Selain itu, kalo masak bekal sendiri selain ngirit bisa terjaga n terjamin kebersihannya. Daripada jajan sembarangan, takutnya ada zat kimia yg berbahanyanya

    [Balas]

  39. Ratasoe

    Kunjungan balik sob..,bner jg yo..ane jg mask ndri dhum :-)..trims yo salam

    [Balas]

  40. arkasala

    ada kesenangan lain dari memasak, jika hasilnya berasa seperti yang kita bayangkan, maka akan jadi nambah kebahagiaan itu sendiri :)
    Trims.
    inspiratif :)

    [Balas]

    Irawan

    @arkasala, seperti yang dibayangin aja senang… apalagi kalau dapatnya lebih

    [Balas]

  41. coretan sayang

    SAYA SUKA MASAK WALAUPUN SAYA LAKI-LAKI KUNJUNG BALIM, YA http://coretanku103.blogspot.com/2010/03/julia-peres-bupati-pacitan.html

    [Balas]

  42. nh18

    Yant …
    Ada Tiga Hal :
    #1. Saya setuju dengan statement Memasak Untuk Tebar Pesona …
    Dimata saya (seorang Pria Tradisionalis Konventional) … wanita yang bisa memasak akan semakin terlihat “perempuan” … seberapa tomboinya pun dia …

    #2. Menurut saya … Memasak in some cases bisa juga sebagai sarana untuk menyeimbangkan hati … balancing …
    di kala hati gundah gundala … saya sering mendengar seseorang itu memasak … untuk menghindari stress yang berkepanjangan …
    MAsak = rekreasi hati … juga lidah …
    (ini sejalan dengan alasan kamu nomer 2 juga kan …)

    #3. Memasak juga bisa sebagai ajang Narcis ?
    hehehehe ..
    ini biasa saya sebut sebagai … “Narcis yang Elekhan sangat !!!”

    Salam saya Yanti …

    [Balas]

  43. neorenggana

    Kalo alasanku karena kebutuhan, daripada ketergantungan makanan dengan masakan orang lain, ntar kalo di rumah gak ada siapa”. :D

    [Balas]

  44. tukangpoto

    Saya memasak karena laper dan demi menghemat anggaran,mbak..hehe.Sebenarnya hobi juga sih..

    [Balas]

  45. achen

    5 alasann memasaknya sah saya terima mbak… hehehhe

    [Balas]

  46. buwel

    ditambahin… karena ada bahan yang dimasak… :-D

    [Balas]

  47. Rock

    Selamat pagi kawand… Aku datang lagi…

    Absen… hahaha…

    [Balas]

  48. daniel

    buat ane memasak melatih kesabaran hehhehehe
    ane seneng banget masak…
    tp cman nasi goreng special ma mie rebus doank
    selain itu cuman ngebantuin nyokap aj hehehe

    makasih atas kunjungan d blog ane
    salam persahabatan
    indahnya beerbagi :)

    [Balas]

  49. Dinoe

    Saya setuju dgn kelima alasannya mbak…memang memasak sendiri mempunyai banyak manfaat..

    [Balas]

  50. Anas

    satu kata
    Sepakat..
    Anas sih suka-suka aja cuma tinggal maem aja. :D

    [Balas]

    Irawan

    @Anas, saya juga sepakat… terima matengnya saja….

    [Balas]

  51. attayaya ordinary world

    yupppp memasak lalu berbagi
    mantaplah

    tuh muka kok jadi ancur abisss dah
    jiahahahaha….

    [Balas]

  52. cafe pustaka

    gara kencotlah mbak jadi kita masak makanan
    :) :)

    [Balas]

  53. prof. helga

    tips mangtabs!

    gue ikutin yang pertama aja deh

    [Balas]

  54. aisyah muna

    saya milih masak selama ini, baik di kos ato dirumha..asli buat ngirit..karena ga asli pula ga sanggup kalo harus beli terus diluar dengan biaya yg super wah..
    makan sekali diluar, kalo masak bisa buat seminggu…

    [Balas]

  55. richo

    klo aku yg pasti masak karena laper, tapi bisane mi instand duank….. klo mo masakin yg laen boleh kok :)

    [Balas]

  56. ngancik

    karena laper..
    http://ngancik.wordpress.com/

    [Balas]

  57. achoey

    Tetap ngeblog masak memasak :)

    [Balas]

  58. delia

    Kalo saya selalu kebagian tukang nyuci piringnya mbak.. ehhehehe..
    Mudah2an ntar kalo dah punya suami (halahhhh ) sebisa mungkin harus memasak..
    menyenangkan sepertinya :)

    [Balas]

  59. Dinoe

    Met mlm mbak..saya setuju dgn 5 alasannya…

    [Balas]

  60. Ann Zahra

    buat mandi kalo ga kuat nahan dingin… brbrbr :)

    [Balas]

  61. yusami

    kalo saya memasak pasti terpaksa karena gak ada yang masakin. sukses sausnya…semangat…teruskan memasak.

    [Balas]

  62. ocy

    haha,,,,ono2 ae mbak iki

    [Balas]

  63. Rock

    Absen pagi sobat… hahaha…

    [Balas]

  64. ruang hati blog

    mumpung liburan kek gini lihat2 resep lalu coba…:D

    [Balas]

  65. nico

    hehehe kalau saya sich alasannya: lebih murah hehehe

    [Balas]

  66. red

    resep2 nya saus kecap selalu bikin gue ngiler … yummyyy

    [Balas]

  67. shafira

    setuju dengan nomor dua…ilangin stress.. :D

    [Balas]

  68. tyan

    memasak ga cuma wanita aza yang bisa..,
    laki-laki juga harus bisa..,

    [Balas]

  69. Kaka Akin

    Memasak juga lumayan membantu dalam update blog ya… :)
    Maksudnya, masakan yang dibuat, tak lupa dijepret untuk bahan postingan :)

    [Balas]

  70. grosir aksesoris wanita

    i can’t cooking. but i like cook.. ^^

    [Balas]

  71. grosir baju wanita

    nice post,
    succesfull

    [Balas]

  72. silent reader

    Saya suka alasan-alasan di atas!

    [Balas]

  73. fisto

    kalo saya pengen bisa memasak supaya bisa hidup lebih sehat… :D

    [Balas]

  74. tomi

    betuull alasan nomor 1.. yaitu alasan ekonomi :D
    di kala sudah akhir bulan lebih baik masak sendiri hehe

    [Balas]

  75. vtrediting

    Memasak selain hobi juga seni. Bisa memasak untuk pasangan adalah seni memberdayakan diri agar masakan kita sekecut apa pun tapi kreasi sendiri tetap enak di hati.

    [Balas]

    Ariyanti

    SSS…. Sangat Setuju Sekali…

    [Balas]

  76. sunflo

    memasak?? krn aku senang dan udah jadi kewajibanku… ^^

    [Balas]

  77. funky fun-T mimi allegra

    kenapa suka memasak..??? biar bisa kenal dengan ari!!! :D

    hlooo???

    hehe… iyah, salah satu senangnya memasak adalah, ternyata dari masak kita bisa dapat teman2 baru yah… di dunia maya maupun nyata… pokoke HAPPY LOVING COOKING! :D :D :D

    [Balas]

  78. quinie

    hihihi… kalo sayah jago memasak kaya dikau, saya pengen banget buka warteg… hihihi
    tapi itu kan kalo :D

    [Balas]

  79. Flash

    memasak untuk alasan cinta..
    (Istri memasak utk suamix, ibu pada anakx…:’)

    [Balas]

  80. bundadontworry

    yang pasti sih lebih sehat juga ya Mbak.
    salam

    [Balas]

  81. wulan audy

    Alasan masak sendiri…biar ngirit, karena kita harus maem, n karena sayang keluarga :) Main balik yaaa…

    [Balas]

  82. jepit rambut

    biar ngirit, masak sendiri. heheheheheee

    [Balas]

  83. bando rambut

    maklum anak kost,.
    biar irit harus bisa masak sendiri,. hehehehe ^^

    [Balas]

  84. abigail

    permisii..ikutan promo ya..
    Mau belajar masak bersama Chef George Lee?
    4 menu masakan PLUS makan siang, goodie bags and Door Prize
    Tgl 29 Oktober di Chatter Box Grand Indonesia.
    Tunggu apalagi, call : ANDRI (021) 9993 8430. Limited Seats!
    Atau klik di http://www.sendokgarpu.com/cookingclass/chatterbox/index.html

    [Balas]

Tinggalkan Komentar

Pepper Mill, Giling dan Taburkan Merica Jejak Remah Roti